| | 128 kali dibaca

Candra Ibrahim: Syarat Mutlak Jadi Anggota PWI, Wartawan Kompeten

Chandra Ibrahim, Ketua PWi Provinsi Kepri.

 

Natuna, Radar Kepri-Ketua PWI Provinsi Kepri Candra Ibrahim Mengatakan syarat mutlak menjadi Anggota PWI memang wartawan yang sudah diakui kompeten oleh Dewan Pres yang ditandai dengan Sertifikat dan Kartu UKW.”Terang Candra Ibrahim Sabtu, (15/06) pada pukul 14.00 WIB usai menyerahkan SK
Susunan Panitia Konferensi Kabupaten (Konfrenkab) Kabupaten Natuna masa bakti 2020-2022. di Kantor PWI Nantuna Batu Hitam Ranai.

Hal itu dipersyaratkan kata Candra, guna menjaga nama baik serta kualitas PWI dimasyarakat. Persyaratan sarjana memang tidak mutlak sejak adanya UKW ini, tetapi Wartawan itu sebaiknya juga sarjana sebab pemikiran seorang sarjana akan ada bedanya dengan yang bukan sarjana. Namun, apakah orang yang tidak sarjana tidak hebat, tidak juga.”Terang Candra.

Kenapa PWI menerapkan Wartawan kompeten sebagai persyaratan bergabung dengan PWI. Candra Ibrahim memaparkan, karena hingga kini dari 3 organisasi wartawan yang direkomendasikan sebagai organisasi yang telah lolos verifikasi di Dewan Pers memang salah satunya PWI, tak mungkinlah wartawan yang tidak kompeten digabungkan ke PWI, takutnya nanti ada hal-hal yang diinginkan tentu akan mencoreng nama baik PWI.”Terang Candra.

Surat Keputusan Nomor: 006/SK-PWI KEPRI I/2019 tersebut diserahkan langsung oleh Candra Ibrahim kepada PLT Ketua PWI Natuna, Muhammad Rapi disaksikan segenap pengurus dan anggotanya, Sabtu (15/6) di Kantor PWI Natuna.

Dalam kesempatan tersebut, Candra Ibrahim berharap agar PWI Natuna segera melaksanakan Konfrenkab secepatnya. Hal ini dilakukan agar PWI Natuna dapat melaksanakan kegiatan organisasi dengan lebih maksimal sesuai dengan AD-ART yang ada.

Dalam susunan Konfrenkab PWI Kabupaten Natuna tersebut, Ketua Carateker dipercayakan kepada Muhammad Rapi, Sekretaris Darlis serta Bendahara Herman, dan dua orang anggota Ramayulis Piliang dan Zamzukri Jambak.

“Kemaren PWI Natuna minta batas waktu hingga bulan Agustus untuk pelaksanaan Konfrenkab. Namun saya lihat waktu sangat mempet, jadi saya kasih waktu hingga bulan Desember,” kata Candra Ibrahim.

Candra berharap, dalam pelaksanaan Konfrenkab nanti PWI Natuna mengundang pihak eksekutif dan legislatif serta FKPD Natuna. Karena Konfrenkab nanti juga akan diisi seminar, dengan menghadirkan PWI Pusat dan Provinsi.

“Dalam Konfrenkab, Kita isi dengan seminar, pemilihan ketua serta pengurus dan pengukuhan. Kita selesaikan dalam satu hari,” terangnya.

Candra Ibrahim juga berharap, dalam Konfrenkab nanti PWI Natuna dapat menampakan gaungnya sebagai Organisasi Wartawan. Sehingga masyarakat luas tau bahwa di Natuna ada terbentuk PWI sebagai wadah para insan pers.

Pengurus dan ketua PWI Kepri saat di Natuna.

 

“Sebagai corong masyarakat dan pemerintah daerah, saya harap PWI dapat menjadi bekerja sama dengan baik dengan Pemda. Jangan suka korek-korek masalah. Tapi juga harus memberi kritikan yang sifatnya positif dan membangun,” harap Candra.

Selain itu, Candra juga berpesan untuk memerangi berita hoax (bohong) yang marak beredar di masyarakat dengan menyajikan pemberitaan yang benar serta menggunakan cara profesional sebagai seorang wartawan.

“Semoga pemerintah daerah juga memperhatikan PWI Natuna, jangan lupa wartawan juga sebagai corong bagi pemerintah.”Sampai Candra. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Ming 16 Jun 2019. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek