; charset=UTF-8" /> Beginilah Kondisi Rumah Tak Layak Huni di Lingga - | ';
'
'
| | 200 kali dibaca

Beginilah Kondisi Rumah Tak Layak Huni di Lingga

Inilah rumah tak layak huni di Lingga.

Lingga, Radar Kepri-Beginilah keadaan rumah sebagian warga di Pulau Mengkuang Dusun 2 Secawar, Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga yang berdiri diatas bibir pantai berdinding kayu terlihat begitu miris.

Kayu lapuk ditambah atap yang berkarat dan bolong. Muncul kesan tinggal menunggu hitung waktu roboh saja. Pemandangan ini sangat kontras dengan laut yang indah dengan kondisi rumah tersebut.

Tapi, apalah daya karena faktor ekonomi yang begitu lemah sehingga menyulitkan penghuni rumah tersebut untuk membangun rumah yang dikatakan layak huni. Mayoritas kesaharian warga disana hanya sebagai nelayan kecil.

Tapi, pertanyaan inilah yang tepat di lontarkan. Dimana Pemerintah Desa, Kecamatan dan Pemkab Lingga, hingga sedikitpun belum ada memberi sentuhan bantuan kepada warga disana, karena terkesan begitu mirisnya keadaan rumah warga disana ?

Ditempat terpisah, Pj Kepala Desa Tanjung Kelit, Marsidi saat di konfirmasi melalui via telpon mengatakan.”Sejauh ini kita cukup memperhatikan keadaan warga kita disana, dengan artinya, kita selalu membicarakan masalah tersebut hingga ketingkat Kabupaten, baik itu melalui Dinas terkait.”terangnya.

“Di wilayah Desa yang saya pimpin ini, tidak cukup fokus disatu titik Dusun dua secawar saja. Tapi ada lagi wilayah dusun lain yang keadaan sama seperti di Pulau Mengkuang,”ujar Marsidi kepada Radar Kepri melalui ponsel, Sabtu (11/4).

Marsidi mengaku, memang kesaharian warga disana sebagai nelayan kecil untuk mencari nafkah sehari-hari, tapi bukan keadaan rumah saja yang parah, peneranganpun bisa dikatakan tidak ada.

“Dan kitapun tidak berdiri ditempat, kita pernah kemarin membicarakan hal tersebut ke-dinas Sosial. Agar warga disana kita masuk bantuan RTLH, stelah kita pertanyakan ke-Dinas Sosial, ternyata orang itu mendapatakan bantuan khusus, karena orang disana suku Kat,”jelas Marsidi.

Namun, dengan keadaan mirisnya rumah warga disana kita berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, agar bisa memperhatikan keadaan rumah warga disana.

“Iya, hanya itu harapan kita kepada Pemkab Lingga, karena jika melalui Dana Desa itu tidak bisa,”tutup Marsidi.

Sebagaimana diketahui, jumlah penduduk data Suku KAT di Desa tanjung kelit, RW 003/RT007 Kerakap, Jumlah Penduduk, Kepala Keluarga (KK), 16, 43 Jiwa RW 003/RT 008, Pulau Mengkuang Jumlah penduduk 14 KK, 44 Jiwa.
RW 004/Rt 009 Linau 39 KK, 138 Jiwa.
RW 004/RT 010 Linau 37 KK, 127 Jiwa. (Hendra)

Ditulis Oleh Pada Ming 11 Apr 2021. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek