; charset=UTF-8" /> Azhar : Masalah Kebersihan Juga Menjadi Peranan Penting - | ';
'
'
| | 51 kali dibaca

Azhar : Masalah Kebersihan Juga Menjadi Peranan Penting

Lingga, Radar Kepri-Penggunaan Dana Desa (DD) telah memberikan manfaat besar kepada masyarakat terkait realisasi untuk pembangunan, salah satunya di Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga dengan menggunakan DD Tahun 2020 pencairan tahap pertama 40%, sebesar Rp. 564 963 600,

Kepala Desa Duara, Azhar menerangkan, pencairan DD Tahun 2020 pertama 40% sebesar Rp. 564 963 600, adapun sistem pengerjaan secara swakelola padat karya tunai (PKT), untuk geliat melakukan pembangunan, itu ada tiga item pembangunan. Pertama perahapan sarana olah raga lapangan Volli, pagu anggaran Rp. 114.646.215. Ke dua, Peningkatan pipanisasi dan sumber Air bersih di dusun 1 RT 1 Rw 1, pagu anggaran Rp. 221.322.950 dan Pembangunan batu miring rt 02 rw 04 pagu anggaran Rp. 27.340.700.

“Adapun manpaat dari pembangunan tersebut, dari sisi olahraga upaya untuk mewujudkan kemajuan perkembangan olahraga, bagi warga dan khususnya untuk generasi muda. Sedangkan untuk peningkatan sumber air bersih, guna untuk memenuhi kebutuhan untuk masyarakat,”kata Azhar, selasa (7/4).

Lanjut Azhar, untuk masalah kebersihan juga menjadi peranan penting, seperti pengadaan kaisar pengangkut sampah dan tempat sampah, dan sebanyak 150 buah tempat sampah sudah kita bagikan, di delapan RT yang ada di Desa Duara.

“Ini juga salah satu kegiatan yang kita utamakan, mengingat sampah merupakan sumber penyakit dan kita berharap masyarakat punya kesadaran, untuk selalu menjaga lingkungannya masing-masing, serta membuang sampah pada tempatnya,”ujar Azhar.

Dikatakan Azhar, melaui hasil musdes, masyarakat juga menyisihkan anggaran untuk kegiatan Pendidikan seprti MDA dan PAUD, dan untuk bidang kesehatan juga ada angarannya, seprti Penyelenggaran kegiatan posyandu salah satunya pencegahan stanting serta kegiatan posyandu lainnya.

“Dan itusemua tidak lepas dari hasil Musdes, yang sebelumnya meminta, agar berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan jasmani masyarakat,ā€¯pungkas Azhar.

Disamping ituj uga, untuk antisipasi dan penanggulangan bahaya Covid-19 atau virus Corona. “Kami telah melaksanakan penyemprotan desinsfektan serta penyedian tempat cuci tangan, dalam untuk upaya pencegahan penularan Covid-19 khususnya di Desa Duara.

Terkait anggaran, upaya untuk membantu program pencegahan penyebaran Covid-19, kita sedang menunggu aturan selanjutnya.

“Bilapun ada, jelas kita akan membuat perdes perubahan, dan memangkas kegiatan yang tidak urgent, karena untuk antisipasi dan penanggulangan bahaya Covid-19,”tutup Azhar. (Hendra)

Ditulis Oleh Pada Sel 07 Apr 2020. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek