| | 206 kali dibaca

350 Orang ABK Ilegal Fishing Asal Vietnam Dipulangkan

Inilah ABK Ilegal Fishing yang dipulangkan.

Natuna, Radar Kepri-Lanal Ranai dan PSDKP Rabu, (07/06)  dini hari  pulangkan 350 orang  ABK kapal nelayan  tahanan  ilegal fishing asal Vietnam.

dari 350 ABK yang dipulangkan hari ini,  213 orang  ABK hasil tangkapan Lanal Ranai, dan 137 tangakapan PSDKP  Natuna.”Terang  Kolonel  Laut, Tony  Herjanto, Komandan Lanal Ranai kepada media ini di pelabuhan Selat Lampa Natuna.

Masih Tony menambahkan,  sebenarnya jumlah awalnya ada  sebanyak  214  orang, dari  jumlah 29 Kapal
dari 33 Kapal yang ditangkap pada tahun 2017.

72  orang ABK sudah dipulangkan terlebih dahulu dengan menggunakan tranpotasi pewat belum lama ini dengan biaya tiket  dibantu pihak keluarganya masing masing” tambah Tony.

satu orang meninggal dunia pada hari jum,at(02/06)  kemaren akibat mengalami sakit sesak napas. Sehingga tahanan Lanal  yang dipulangkan pada hari  ini  berjumlah 213 orang ABK tangkapan kita Lanal dan 137 dari tangkapan  PSDKP.

Proses pemulangan ini seluruh tahanan pada pukul 06.30  WIB diangkut mengunakan 5 buah Truk dan 2 Bis TNI AL menuju  Pelabuhan Pertamina Selat Lampa

Sebelum menaiki kapal DKP seluruh tahanan tersebut dihitung kembali satu persatu oleh petugas dari Lanal.

350 tahan itu diberangkatkan menggunakan  tranpotasi  3 (tiga) Kapal laut  PSDKP. salah satunya KM  Arco 01 dengan nomor lambung 6001. Menuju Batam denngan jarak tempuh  sekitar 20 jam perjalanan.

“Selama ditahan seluruh ABK asal Vietnam itu diperlakukan dengan sangat manusiawi, tidak pernah diperlakukan dengan kekerasan.”Tutur Tony.

Dari pantauan media ini beberapa tahanan asal Vietnam itu sebelum menaiki mobil terlihat sangat senang dengan memancarkan senyum ramah, bahkan sebagian mereka  terlihat menyempatkan  diri untuk besalaman pamid dengan petugas Lanal Ranai.

dari 50 Kapal tangkapan  saat ini, 17 sisa dari tangkapan pada tahun 2016 lalu.  Sebanyak  33 Kapal hasil tangkapan sepanjang  bulan Januari sampai Maret itu, masih tahap penydikan Lanal Ranai.”terang Tony.

Keseluruh tahan yang dipulanglan hasil tangkapan Batam, Anambas, Natuna dan Karimun serta pontianak  yang dipulangkan pada bulan juni 2017 ini  berjumlah  675 orang.

Seluruh tahanan ini nantinya akan berkumpul di Batam, dan seterusnya untuk keberangkatan ke negara asalnya Vietnam, akan di jemput oleh Coast Guard Vietnam   ke Batam
“Terang Tony lagi.

Terkait apakah meningkat angka pencirian ikan di peraian natuna tahun 2017 dibanding tahun 2016 lalu, ” Pada tahun tahun sebelum angka ini tergolong stabil biasa biasa saja, tetapi memang pada tahun 2017 per Maret ini kita sudah menangkap 33 kapal nelayan asi0ng asal vietnam ini, jadi kalau dibanding dengan tahun 2016 lalu memang ada peningkatan, tetapi muda mudahanlah setelah prmulangan ini tidak ada lagi yang tertangkap.”Harap Tony. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Jum 09 Jun 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda