' '
| | 885 kali dibaca

Riono Serahkan Bantuan Raskin, Awas Ada Oknum Lurah “Nakal”

Penyerarahan raskin

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs H Riono M Si menyerahkan bantuan raskin secara simbolis, Jumat (31/10).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat Tahun 2014, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memberikan subsidi beras miskin (raskin) pada masyarakat. Program ini juga tindak lanjut visi ketahanan pangan dan memberikan perlindungan pada keluarga miskin melalui pendistribusian beras yang diharapkan mampu menjangkau keluarga miskin, Jumat (31/10). Bantuan diberikan langsung secara simbolis melalui Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang  Drs. Riono, Msi di Gudang Bulog Jl. Gatot Subroto Km.5 Kota Tanjungpinang.

Riono berharap efektifitas program raskin dapat dicapai melalui koordinasi, singkronisasi dan harmonisasi antar dinas, instansi dan lembaga terkait di tingkat Kota maupun Kecamatan dan Kelurahan.”Dimana koordinasi dilaksanakan mulai dari perencanaan pelaksanaan dan pengendalian dengan pemahaman raskin adalah hak warga miskin, sehingga bantuan tersebut benar-benar disalurkan kepada yang berhak.”jelas Riono.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang Drs. Surjadi, MT menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengoptimalkan penyaluran raskin sehingga bantuan tersebut benar-benar disalurkan kepada yang berhak. Surjadi juga menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah pertama kalinya dilaksanakan Dinsosnaker Kota Tanjungpinang.”Karena sebelumnya yang melaksanakan oleh Bagian Ekonomi dan Pembangunan dialihkan ke Disperindagkop Kota Tanjungpinang.”terang Surjadi.

Adapun sasaran dari subsidi Raskin Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014  adalah 2.067 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di lima Kecamatan. Dengan rincian, Kecamatan Bukit Bestari 1.152 RTS, Kecamatan Tanjungpinang Timur 359 RTS, Kecamatan Tanjungpinang Kota 150 RTS, Kecamatan Tanjungpianang Barat 406 RTS, dimana biaya pelaksanaan kegiatan penyerahan ini berasal dari APBD perubahan Kota Tanjungpinang tahun 2014 DPA di Dinsosnaker Kota Tanjungpinang.

Sayangnya, penyaluran raskin ini kurang diawasi sehingga tersiar kabar di beberapa kelurahan raskin di jual lurah “nakal” pada beberapa pengusaha beras. Para pengusaha “nakal” ini kemudian mengoplos (mencampr) beras ini dengan beras kualitas premium. Setelah di oplos, para pengusaha “nakal” tetap membandrol harga beras oplosan itu dengan harga premium.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Jum 31 Okt 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek