'
| | 1.994 kali dibaca

Kapal Pengangkut 200 Ton Sembako Tenggelam

Ilustrasi Kapal Tenggelam

Foto : Ilustrasi Kapal Tenggelam

Tarempa, Radar Kepri-Akibat kelebihan muatan berisi sembako, KM Artika Jaya menuju Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tenggelam di perairan Marapas, sekitar lebih 25 mil dari Tanjung pinang. Kapal berbobot 143 GT tersebut di duga memuat hingga 200 ton sehingga mengalami over kapasitas dan tenggelam.
Yati (28) warga Rekam, Desa Tarempa Barat Daya, Kecamatan Siantan, kala mendengar suaminya Endi, yang menjadi awak kapal KM Artika Jaya tenggelam dalam perjalanan menuju Anambas, Kamis (29/01) mengaku cemas.”Siapa yang tak kuatir dengar suami yang dapat musibah. Anak ni sampai tak mau tidur, nunggu bapaknya mau pulang ke Tarempa.”ujar Yati saat dihubungi melalui via telefon selular Senin (02/02/) pagi.
Yati pun mengetahui musibah yang dialami suaminya itu, setelah warga ramai membicarakan mengenai kapal yang dikabarkan tenggelam itu.”Kamis (29/01), sebelum berangkat itu sempat menghubungi saya sekitar pukul 13 00 Wib.Saya dengar kabar, setelah orang ramai membicarakan mengenai hal tersebut. Saya coba telpon dengan keluarga di Pinang untuk mencoba mencaritahu keberanaan kabar ini. Dah dua tahun dia kerja disitu, belum pernah kejadian seperti ini.”ungkapnya.
Ditambahkan Yati.”Minggu (01/02) pagi kemarin saudara di Tanjungpinang telpon, kalau awak kapal selamat dan mau dibawa kerumah keluarga disana. Saya kurang tahu, dapat kabar ada kapal orang Desa Telaga yang menolong. Kondisi terakhir pun saya tak tahu. Dengar kabar selamat saja, saya sudah bersyukur.”kata Yati mengatakan bahwa Endi kemungkinan pulang ke Tarempa dalam waktu dekat ini menunggu transportasi.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, sebelum tenggelam, KM Artika Jaya sempat ditarik menggunakan kapal Viola dari Anambas setelah dihubungi oleh awak kapal.
Di duga tiga dari empat mesin pompa yang ada dalam diketahui juga mengalami kerusakan sehingga air dengan mudah masuk ke dalam kapal. Awak kapal pun, berhasil selamat setelah berpindah kapal ke Kapal Viola untuk selanjutnya dibawa ke Tanjungpinang.(yuli)

Ditulis Oleh Pada Sen 02 Feb 2015. Kategory Anambas, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

3 Comments for “Kapal Pengangkut 200 Ton Sembako Tenggelam”

  1. DPW LSM LIDIK KEPRI

    Hal itu menjadi tanggungjawah syahbandar yang menerbitkan surat ijin berlayar,

  2. saiful glumpang

    Alhamdulillah crewnya semua selamat,,, walaupun di dalam itu ada motor kami.

  3. Yang jelas Ombak saat itu emang kencang, 3-5 meter.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek