| | 117 kali dibaca

Kajati Beri Bekal Hukum ASN dan Kades Dalam Pergunakan Uang Negara

Kajati Kepri, DR Asri Agung Putra SH MH menerima piagam penghargaan dari Bupati Bintan usai memberikann pembekalan pada ratusan ASN dan Kades.

Bintan, Radar Kepri-Ratusan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Kabupaten Bintan mendapat pembekalan hukum oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, DR Asri Agung Putra SH.MH di aula kantor Bupati Bintan di Bintan Buyu. Pembekalan dihadiri hanya 1 orang anggota DPRD Bintan, Agus Wibowo, Kamis (15/11) siang.

Kajati Kepri, Asri Agung Putra SH MH menyampaikan beberapa hal yang diharapkan diperhatikan ASN Bintan, terutama ASN yang sedang diberikan amanah jabatan.

Menurut Kajati, ASN tidak perlu takut dan kuatir dalam mengelola anggaran.”Kalau ragu, silahkan bertanya ke TP4D. Rajin membaca peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berani menolak jika merasakan ada hal yang tidak sesuai dengan peraturan. Kalau merasa benar jangan takut.”pesan Kajati.

Karena, masih menurut Kajati.”Kita semua ini memiliki kewenangan. Jadi, jangan salahgunakan kewenangan itu. Karena dibalik kewenangan itu ada tanggungjawab. Dimana, tanggungjawab itu bukan hanya di dunia ini. Nanti kita juga akan dimintai pertanggungjawaban dari Allah.”terang Kajati.

Kajati mengenang, dulu dirinya pernah merasa salah menggunakan kewenangan.”Dampaknya, saya susah tidur dihantui rasa bersalah dan merasa telah menzalimi. Itu menjadi kenangan dan pelajaran bagi saya.”jelasnya.

Kepada puluhan kepala desa yang ikut pembekalan hukum, Kejati mengajak Kades untuk rajin membaca dan memahami permendes dan PP tentang penggunaan dana desa.”Kemarin ada kades bertanya tentang dana operasional desa yang diatur PP. Namun dalam.Permendes tidak diperbolehkan memakai dana desa diluar yang telah diatur item-itemnya di Permendes. Nah ini bagaimana ?. Saya jawab, patuhi permendes.”tegasnya.

Selanjutnya, Kajati menghimbau agar Kades selalu mencari tahu Permendes terbaru.”Permendes itu selalu diperbaharui setiap tahunnya. Misalnya, Permendes 2016 dipakai 2017. Sedangkan Permendes 2017 dipergunakan tahun 2018. Nah, mungkin nanti Permendes 2018 dijadikan pedoman mempergunakan dana desa 2019.”terang DR Asri Agung Putra SH MH.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Kam 15 Nov 2018. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek