' '
| | 602 kali dibaca

Jalan Merdeka Belum Merdeka Dari Macet

Hotel Furia di Jl Merdeka yang tidak memiliki fasilitas parkir

Hotel Furia di Jl Merdeka yang tidak memiliki fasilitas parkir

Tanjungpinang, Radar Kepri-Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui dinas terkait diminta meninjau ulang Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) beberapa wisma/losmen dan hotel yang tidak memiliki area untuk parkir kendaraan. Selain rawan menimbulkan kemacetan, karena tidak memiliki lahan untuk parkir tamu yang membawa kendaraan. Keberadaan wisma/losmen/penginapan dan hotel tanpa lahan parkir itu juga berpotensi memicu konflik dengan tetanga mereka.

Kemudian, keberadaan hotel/penginapan/losmen dan wisma yang tidak memiliki fasilitas parkir bagi tamunya itu juga merugikan pengguna jalan umum lain. Karena, para pemilik usaha terpaksa memanfaatkan ruas jalan umum sebagai tempat parkir mobil/motor para tamunya.

Potensi konflik terjadi ketika tamu yang membawa mobil terpaksa menumpang parkir kendaraanya di depan ruko/halaman warga lainnya. Meskipun hanya sebatas perang mulut, namun jika berlarut dapat berakibat fatal.

Merugikan, masyarakat umum karena hotel/wisma/losmen/ penginapan tersebut memanfaatkan jalan umum yang sejatinya untuk lalu lintas kendaraan. Lihat saja Jl Merdeka, hampir setengah Jl Merdeka itu tergerus oleh parkir kendaraan roda empat dari pemilik usaha yang berada di ruas jalan ini.

Setidaknya terdapat dua hotel yang tidak memiliki fasilitas parkir untuk tamu mereka, yaitu hotel Furia dan Hotel Wisata. Namun berdasarkan pantauan media ini dilapangan, dari dua hotel ini, Hotel Furia menjadi “penyumbang” macet terbesar di Jl Merdeka ini. Mungkinkah karena hotel ini milik seorang anggota DPRD Provinsi Kepri, sehingga pemko sungkan bertindak ?.

Hotel Furia terkesan tidak mau rugi untuk menyediakan lahan parkir pada basement (lantai dasar) tersebut. Padahal, jika pihak hotel memberikan ruang dan fasilitas parkir di lantai dasar, mungkin saja kemacetan di Jl Merdeka sedikit berkurang.  Akibatnya, sampai hari ini, Jl Merdeka tak kunjung Merdeka dari macet.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Ming 07 Apr 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek