| | 103 kali dibaca

Dua Kadis Saksikan 6 Sekolah Natuna Terima Piagam Penghargaan Adiwiyata Dari Gubernur

Natuna, Radar Kepri-Natuna Kembali raih prestasi, kali ini 6 sekolah tingkat SD dan SMP Natuna mendapat Piagam Penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Kadisdikpora) Suherman, SH. dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna Boy Wijanarko, Senin (02/12) ikut mendampingi sekolah penerima Piagam Penghargaan Adiwiyata yang berlangsung di Hotel Comfort Batu 11 Tanjungpinang Senin (02/12) itu, dan sekaligus ikut menyaksikan penyerahan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kepulauan Riau oleh Gubernur Kepri Isdiyanto, ke-6 sekolah tingkat SD dan SMP di Natuna itu.

Enam sekolah tingkat SD dan SMP Natuna penerima Piagam Penghargaan Adiwiyata dari Gubernur Kepri Isdiyanto yaitu,
SMPN 1 Bunguran Batubi, SDN 005 Sepempang Bunguran Timur, SDN 001 Harapan Jaya Bunguran Tengah, SMPN 1 Bunguran Timur Laut, SMPN 1 Bunguran Selatan dan SMPN 1 Pulau Tiga Barat.
Semula tujuh sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Natuna yang diusulkan ke -provinsi pada tahun ini, hanya enam sekolah di atas yang diikutkan, karena SDN 003 Bunguran Barat mengundurkan diri dengan alasan sedang dalam tahap revitalisasi bangunan sekolah.

Sekolah penerima piagam tingkat provinsi itu juga sebelumnya telah menerima piagam penghargaan dari Bupati Natuna pada penilaian Adiwiata tingkat Kabupaten Natuna tahun 2018. dan piagamnya penghargaannya diserahkan pada tahun 2019 berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 160 Tahun 2019.

Pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 5 Tahun 2013. Komponen program Adiwiyata yang meliputi aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan, aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

Sejak tahun 2017, sudah 12 sekolah di Kabupaten Natuna yang ditetapkan mendapat piagam penghargaan dengan predikat Sekolah Adiwiyata melalui keputusan Bupati Natuna hingga tahun 2018.

Pada tahun 2017, lima sekolah telah mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Natuna, berdasarkan Keputusan Bupati Natuna yakni SDN 011 Puak Bunguran Timur, SMPN 2 Bunguran Timur, SMAN 1 Bunguran Timur, SMK Pariwisata Bunguran Timur dan SMKN 2 Bunguran Barat, dan saat ini beberapa sekolah tersebut sedang menunggu penguman dari tim penilai Adiwiya tingkat nasional.

Peserta Program Adiwiyata diikuti oleh SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/MA, SMK/ MAK. Untuk sekolah swasta harus sudah terakreditasi.

Untuk mengikuti Adiwiyata ini, harus ada kesediaan pihak sekolah, tidak ada paksaan dengan menyurati Dinas Lingkungan Hidup Natuna. Setelah itu akan dilakukan pembinaan oleh tim selama kurang lebih tiga bulan.

Dilihat dari sarana dan prasarana sekolah, Apriyadi mengatakan beberapa hari sebelumnya kepada sejumlah wartawan, “Sekolah di Kabupaten Natuna sudah memadai dan bagus. Untuk tingkat provinsi pihaknya sudah masuk, tapi untuk tingkat nasional Kabupaten Natuna masih lemah. Hal ini dikarenakan ketika diverifikasi lemah dalam hal dokumentasi.”Terang Apri.

Sedangkan untuk 6 sekolah yang baru menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur siap-siap untuk di usulkan kepenilaian tingkat Nasional.(Herman)

Ditulis Oleh Pada Sel 03 Des 2019. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek