' '
| | 2.346 kali dibaca

Armada Damkar Tanjungpinang Terbaru Akhirnya Tiba di BPBD

Inilah mobil pemadam kebakaran yang baru milik BPBD Kota Tanjungpinang

Inilah mobil pemadam kebakaran yang baru milik BPBD Kota Tanjungpinang, Rabu (15/10).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Mobil pemadam kebakaran (damkar) Kota Tanjungpinang yang baru dibeli tahun anggaran 2014 telah tiba pada Senin (13/10). Saat ini, mobil itu parkir Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang.

Hal ini dibenarkan kepala BPBD Kota Tanjungpinang Agustiawarman ketika dikonfirmasi Radar Kepri, Rabu (15/10).”Mobil damkar yang baru memang telah datang, saat ini sedang di tes semua kelengkapannya. Belum ada serah terima secara resmi.”kata Agus.

Menurut Agus, saat ini jumlah armada mobil damkar menjadi 5 unit yang disiagakan di tiga lokasi.”Dua unit di Bintan Center, dua unit lagi di kantor Damkar Suka Berenang. Dan yang baru datang ini, jika telah serah terima akan disiagakan di kantor BPBD.”terangnya.

Keunggulan mobil damkar yang baru datang ini menurut Agus, pipa hidrolik dibagian atas bisa memanjang.”Ketinggiannya bisa mencapai 15 meter, ini teknologi Italia.”ujarnya.

Mobil dengan kapasitas 5000 liter ditambah 1000 liter busa racun api itu memiliki nomor polisi BP 9214 T merupakan merek Hino.”Saat ini petugas kita diberi petunjuk untuk dapat mengoperasikan mobil ini.”terangnya.

Mengenai keluhan warga yang sering mencuat karena petugas Damkar sering terlambat datang, menurut Agus.”Itu lebih pada masalah teknis, biasanya orang yang sedang mendapat musibah kebakaran panik. Mereka mencoba mematikan api dengan alat seadanya dulu, baru setelah api membesar dan tak bisa dikendalikan menghubungi kami (damkar,red).”bebernya.

Seperti kebakaran di Jl Ketapang beberapa waktu lalu.”Dalam kebakaran di Jl Ketapang itu, pemilik ruko itu yang mendatangi kantor damkar sekitar pukul 06 30 Wib. Sekitar jam 07 00 Wib kurang, kami sudah di TKP memadamkan api.”jelasnya.

Pihaknya juga mengakui masih kekurangan tenaga personil yang betugas.”Kita perlu sekitar 60 sampai 70 orang petugas. Namun saat ini petugas damkar yang ada hanya 37 orang yang dibagi menjadi 3 shif untuk 3 lokasi. Tentu saja jumlah ini sangat kurang dan jauh dari standar Damkar.”katanya.

Menyikapi kekurang personil tersebut, Agustiawarman mengaku telah mengusulkan ke Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH penambahan pegawai di Damkar.”Saya sudah usulkan pada pak Wali, saat ini masih proses. Mudah-mudahan tahun 2014 ini ada penambahan personil damkar.”harapnya.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Rab 15 Okt 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda