| | 33 kali dibaca

50 Unit Rumah Bantuan Diserahkan Bupati Pada Masyarakat

Natuna, Radar Kepri-Sudah sepatutnya masyarakat nelayan Natuna khusunya nelayan Kecamatan BunguranTimur Laut (BTL) Natuna Probinsi Kepri bersyukur kepada Allah dan berterimakasih kepada Pemerintah Daerah- dan Pusat.

Kenapa tidak, Rabu 10 April 2019 pagi Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal, telah menyerahkan sebanyak 50 kunci rumah bantuan kepada 50 kepala Keluarganya (KK) nelayan secara simbolis.

Acara penyerahan tersebut berlangsung dilakukan di kompleks perumahan nelayan yang berada di Dusun Padang Pasir Desa Tanjung Bunguran Timur Laut.

Perumahan nelayan yang diserahkan tersebut, merupakan kerja sama pemerintah daerah dan pusat dari bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia  yang lengkap dengan fasilitas jalan dan sarana air bersih serta listrik.

Pada penyerahan tersebut Bupati Hamid Rizal berpesan, agar rumah yang diberikan dapat dijaga dengan baik.
Hamid Rizal, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan masyarakat Kabupaten Natuna, termasuk dalam memberikan bantuan rumah khusus kepada masyarakat nelayan.

beberapa prasarana dan infrastruktur yang telah dibangun seperti, jalan, jembatan dan listrik yang kini sudah bisa dinikmati langsung oleh masyarakat.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Hamid, kepada Kementerian PUPR yang sudah menyediakan tempat tinggal buat masyarakat. Khususnya masyarakat Nelayan ini.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Natuna menjelaskan, pada tahun 2017 pemerintah kabupaten Natuna mengajukan dua propsal pembangunan rumah khusus dan rumah PNS perbatasan, teryata yang disetujui oleh pemerintah pusat adalah rumah khusus di Desa Tanjung Kecamatan Bunguran Timut Laut.

“Perlu saya sampaikan, rumah khusus ini bukan rumah nelayan, ini selalu salah persepsi. Rumah khusus ini di peruntukan bisa untuk nelayan bisa untuk masyarakat yang penghasilannya rendah, dan juga bisa untuk masyarakat terkena bencana,”Terang Hendra.

Lanjut Hendra, sebanyak 50 Rumah tipe 28 itu, perumahan khusus percontohan Kementerian PUPR yang di bangun di kecamatan Bunguran Timur Laut “Ini merupakan tipe nasional, kalo kearifan lokal kita Melayu, pasti ada teras untuk kita buat jual sedikit, ini perlu kita audit kembali,”Tarang Hendra.

Lanjut Hendra mengatakan, sebenarnya ada dua lokasi bantuan rumah khusus yang harus diresmikan. Namun karena ada persoalan hukum, sehingga rumah khusus yang terletak di Semente Kecamatan Bungaran Barat, belum bisa diresmikan dan masih proses oleh penegak hukum.

Sementara itu, Satuan Kerja (Satker) Kementerian PUPR, Agus Prianto menyampaikan, sesuai namanya rumah khusus diperuntukan untuk masyarakat yang berkebutuhan khusus, dan rumah ini dibangun untuk masyarakat di perbatasan dan nelayan.

Jadi memang benar perumahan ini bukan perumahan khusus untuk nelayan saja tetapi rumah khusus untuk masyarakat perbatasan dengan rumah nelayan perbatasan yang sifatnya lebih umum,”kata Agus. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Jum 12 Apr 2019. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek