; charset=UTF-8" /> SMPN 1 Palmatak Menuju Adiwiyata Mandiri - | ';

| | 123 kali dibaca

SMPN 1 Palmatak Menuju Adiwiyata Mandiri

Anambas, Radar Kepri- Selama dua hari berturut-turut yakni Selasa (09/8/2022) dan Rabu (10/8/2022) SMPN 1 Palmatak mengadakan serangkaian kegiatan yang merupakan Langkah besar dalam upaya pencapaian predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Adapun kegiatan tersebut meliputi kegiatan Sosialisasi dan Kajian Lingkungan dan Penyusunan Program Kegiatan Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Kegiatan sosialisasi diperuntukkan kepada pemangku kepentingan yang terkait dengan sekolah (stakeholder) dan seluruh sekolah di lingkungan Kecamatan Palmatak serta beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Kute Siantan.

Sedangkan kajian lingkungan dan penyusunan program pada yang dilaksanakan pada Hari Rabu, yang menjadi pesertanya yaitu Tim Adiwiyata dari guru dan staf serta Tim Adiwiyata Siswa (Osis.
Adapun undangan yang hadir pada Kegiatan sosialisasi yaitu berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) yang terkait langsung dengan sekolah, diantaranya Bapak Wan Mahdar, S.Pd.SD sebagai Camat Palmatak, Bapak Imran Gunawan dari Pihak Perusahaan Medco Energy sebagai CSR mintra pendukung materi utama kegiatan. Selain dihadiri oleh stakeholder, kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh 32 sekolah sasaran yang masing-masing diwakili oleh Kepala Sekolah dan satu orang Guru.

Kegiatan Sosialisasi Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan merupakan kegiatan yang dilaksanakan SMPN 1 Palmatak, sebagai bentuk implementasi dari kegiatan pengimbasan praktek baik kepada sekolah-sekolah lain dalam Program Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). SMPN 1 Palmatak melaksanakan kegiatan tersebut, mengingat bahwa SMPN 1 Palmatak merupakan sekolah yang sudah berhasil dalam penerapan program dengan predikat Sekolah Adiwiyata Nasional.

Sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional, pengimbasan ini telah menjadi keharusan dan syarat bagi setiap sekolah, ketika sekolah tersebut berkeinginan untuk meningkatkan predikatnya menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri, yang mana sekolah harus memiliki sekolah dampingan atau sekolah imbas.

Kepala SMPN 1 Palmatak, Moh. Muslih,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan harapannya, bahwa dari sekolah-sekolah yang hadir tumbuh keinginan untuk menerapkan Gerakan PBLHS di sekolahnya masing-masing. Dengan demikian, SMPN 1 Palmatak siap memberikan pendapingan baik secara in dan on location.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Camat Palmatak pada sambutannya. Camat berharap di Kecamatan Palmatak seluruh sekolah menerapkan Gerakan PBLHS, sehingga akan terbangun kesadaran masyarakat secara kolektif.

Sedangkan dari CSR sendiri, yang diwakili oleh Bapak Imran Gunawan dari Perusahaan Medco Energi, beliau menyampaikan akan selalu siap untuk menjadi Mitra pendukung materi bagi sekolah-sekolah yang menerapkan program.

Seolah gayung bersambut, harapan dari Kepala SMPN 1 Palmatak disambut baik oleh Pak Amin Subroto, S.Pd.I, selaku Kepala dari SMPN 3 Putik. SMPN 3 Putik bertekad kuat bahwa mulai tahun 2022 akan menerapkan programnya di sekolah. Dengan demikian SMPN 3 Putik akan menjadi sekolah imbas dan sekolah dampingannya SMPN 1 Palmatak. Selain SMPN 3 Putik, SMP Integrasi Assuniah II Palmatak juga meminta untuk didampingi.
Sementara pada kegiatan kajian lingkungan dan penyusunan program kegiatan Gerakan PBLHS, Rabu 10 Agustus 2022, berhasil menyusun rencana rencana kegiatan untuk periode satu tahun kedepan.(redaksi)

Ditulis Oleh Pada Kam 11 Agu 2022. Kategory Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek