; charset=UTF-8" /> Pemimpin Itu Sangat Dibutuhkan Dimana - | ';

| | 62 kali dibaca

Pemimpin Itu Sangat Dibutuhkan Dimana

Oleh : Dewi Kartika Sari.

Pemimpin adalah kita atau kalimatnya dibalik kita adalah pemimpin. Banyak sekali pengertian tentang pemimpin dan mungkin penjelasannyapun begitu panjang dengan jumlah referensi yang banyak, sebenarnya arti dari pemimpin itu kita sendiri, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hasits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim ” كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ ” “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggujawabannya”.
Gimana sudah paham …???
Sudah cukup untuk kita pahami bahwa pemimpin itu adalah kita, tidak salah memang yang mengartikan bahwa pemimmpin adalah seseorang yang bertanggung jawab atas anggotanya dan lain sebagainya, ini tidak salah ini adalah benar, hanya saja saya mengambil arti pemimpin dari Hadits.
Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik ada tipsnya loh….berikut tips menjadi pemimpin yang sukses. Sebenarnya pemimpin yang sukses itu dia yang mampu membawa anggota yang dipimpinya menjadi lebih baik dari sebelumnya, pemimpin yang baik itu harus memiliki empat kepribadian, yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Rasulullah Muhammad SAW. telah membuktikannya dan memiliki keempat sifat kepribadian yang tadi disebutkan. Nabi Muhammad mempunyai keempat sifat tersebut dan sudah menjadi bukti nyata kepemimpinan beliau sangatlah luar biasa dan berhasi, bisa dikatakan perfek, bahkan jasanya sampai saat ini masih kita rasakan sebagai seorang muslim di Indonesia dan seluruh pelosok bumi. Ada beberpa hal lagi yang bisa mejadikan anda sukses menjadi seorang pemimpin.
1. Membuat Rencana dan Tujuan
Ini adalah yang perlu diperhatikan pasalnya membuat rencana akan mengkondisikan otak kita untuk berfikir bagaimana rencana itu tersampaikan, tujuan terpilihnya diri kita menjadi seorang pemimpin menjadi harapan anggota yang dipimpin untuk menjadikan kelompoknya dikenal.
2. Tanamankan kata “Jangan” Dalam Diri
 Yaitu Jangan Takut Gagal
 Jangan Cepat Puas
 Jangan Terlalu Dipikirkan
 Jangan Menyerah
3. Menyiapkan Telingan Dengan Baik
Maksud dari menyiapkan telinga dengan baik adalah siap menerima keritikan, saran, pendapat, masukan, pujian, celaan dan lain sebgainya, seorang pemimpin harus bisa menjadi pendengar yang baik. Bukan hanya siap mendengarkan masukan, hinaan dan pujian tapi menjadi tempat curhat anggota kelompok yang sedang bermasalah. Mendengarkan dan mengiyakan adalah suatu hal yang berbeda tapi jika dipisahkan maka akan terjadi kesalapahaman dan akibatnyapun bisa menjadi fatal, karena jika kita hanya mendengarkan dan tidak mengiyakan, kita bisa disangka tidak mendengarkan atau acuh terhadap orang yang menceritakan.
4. Intropeksi dan Berdoa
Intropeksi adalah hal yang sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, mengintrospeksi sama halnya dengan evaluasi, yaitu mengingat-ingat kesalahan dan tindakan yang salah dalam suatu waktu tertentu, menyesali dan belajar dari hal yang lalu. Berdo’alah kepada Allah, mintalah segala sesuatu kepada Allah, mintalah kemudahan kepada Allah, dengan berdo’a jangan kita sampai satu hari saja kita lupa berdo’a kepada Allah. Kehebatan do’a itu sangat nyata, sebelum memimpin atau saat memimpin, mintalah pertolongan kepada Allah agar terhindar dari pemimpin yang tidak amanah.

Dari penjelasan diatas mengapa seorang Pemimpin sangat dibutuhkan dimana-mana karena pemimpin itu sangat bertanggung jawab, rela berkorban, dan sangat mengayomi bawahannya. Ditambah mempunyai sifat-sifat dari dalam diri masing-masing, dan setiap pemimpin itu mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.

 

Catatan : Penulis adalah mahasiswi STIE Pembangunan Tanjung Pinang.

Ditulis Oleh Pada Rab 23 Okt 2019. Kategory Cerpen/Opini, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek