'
| | 962 kali dibaca

Ombak Tinggi, Jarak Pandang Terbatas di Anambas

Kabut asap di Terempa membuat jarak pandang hnya sekitar 800 meter saja.

Kabut asap di Terempa membuat jarak pandang hnya sekitar 800 meter saja, Kamis (18/09)

Terempa, Radar Kepri-Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tak luput dari dampak asap tebal akibat kebakaran lahan yang terjadi disejumlah wilayah di Kalimantan. Data dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa, asap tebal mulai muncul diwilayah Terempa dan sekitarnya sejak beberapa waktu lalu.

Akibatnya, jarak pandang (visibility menjadi menurun, saat ini, jarak pandang hanya mencapai 800 meter.”Perkiraan mulai tanggal 16 September 2014 lalu. Jarak pandang pun menjadi menurun. Saat ini hanya 800 meter. Mungkin dengan adanya hujan, asap ini dapat berkurang,”terang observer di Stasiun Metereologi Tarempa, Annisa, Kamis (18/09).

Meski secara teori curah hujan sudah mulai terjadi di wilayah Terempa dan sekitarnya, namun hal tersebut diprediksi belum terjadi selama beberapa hari kedepan. Cuaca diwilayah Terempa dan sekitarnya-pun berpotensi berawan sedang dengan suhu 26-33 derajat Celcius.”Kecepatan angin berkisar antara 5-36 derajat Celcius dengan arah dari selatan.”katanya.

Sementara itu Darlis, Pelaksana Harian Syahbandar Terempa menyebutkan, dampak asap tebal yang melanda wilayah Terempa dan sekitarnya bukan hanya di Anambas, Natuna menerima dampak asap tebal.”Pelayaran tak ada pengaruh, karena ferry pakai GPS. Ferry-pun tak sampai Rabu (17/09) kemarin. Karena dari Tanjungpinang tidak mengizinkan akibta ombak yang cukup kuat. Dari sana 2-3 meter lebih ombak. Seharusnya hari ini sudah berangkat kembali ke Tanjungpinang. Bila sesuai jadwal Jum’at (19/09) besok baru tiba di Tarempa.”jelasnya.

Direktur Utama Perusda Anambas Sejahtera Al Jihad turut angkat bicara.”Dampak asap tebal sedikit banyak berpengaruh pada penerbangan yang saat ini tengah dikelola operasionalnya oleh pihak Perusda. Disarankan untuk terbang lebih awal oleh pilot NAC. Kemarin itu, jarak pandang lebih kurang 4 kilometer. Namun, usulan itu akan sangat bertentangan dengan pihak perusahaan Conoco Phillips. Mengingat, kalau pagi-kan penuh dengan parkir pesawat migas. Mudah-mudahan tak sampai mengganggu-lah. Untuk hari ini masuk, kemarin pun Alhamdulillah juga masuk.”terangnya.(yuli)

Ditulis Oleh Pada Kam 18 Sep 2014. Kategory Anambas, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek