'
| | 2.018 kali dibaca

Waspada, Penipuan Modus Buang Dokumen Kembali Marak

Salah satu ATM BCA di Tanjungpinang.

Salah satu ATM BCA di Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Modus kejahatan penipuan dengan membuang dokumen “seolah-olah” surat penting dengan imbalan yang menemukan dokumen tersebut akan diberi uang terimakasi sebesar Rp 100 juta kembali makan korban. Kali ini, dialami Nurbayah (43), warga Kijang Lama, Tanjungpinang ini tertipu dan mengalami kerugian Rp 3,5 juta.

Awalnya, Rabu (18/11), suami Rubayah yang bekerja di Baloi, Kota Batam menemukan sebuah dokumen.Suami Rubayah kemudian menelpon pemilik dokumen sesuai dengan yang tertera dalam dokumen tersebut. Sipemilik dokumen mulai melancarkan aksi tipu-tipu dan menyatakan sangat berterimakasih, kemudian sebagai ucapan terimakasih itu. Sipemelik dokumen menjanjikan akan memberi uang kontan Rp 100 juta. Namun dengan syarat, suami Rubayah harus mengirimkan dua nomor rekening berbeda dengan saldo minimal Rp 3 juta.

Mungkin, suami Rubayah tergiur dengan janji manis sipenipu alias pemilik dokumen, ke esokan harinya, Kamis (19/11) suami Rubayah mengirimkan dua nomor rekening yang diminta si penipu, yakni rekening Bank Riua Kepri dan rekening BCA.

Selanjutnya si penipu yang menelpon mengaku bernama Arigunari menyuruh Rubayah ke ATM terdekat untuk transaksi. Rubayah kemudian meluncur ke ATM BCA di Jl DI Pandjaitan, swalayan Global dan mentransfer uang sebesar Rp 3,5 juta ke rekening Arigunari dengan nomor 2701031754.

Setelah uang diterima, nomor ponsel si penipu langsung tak aktif. Barulah Rubayah menyadari tertipu, selanjutnya melaporkan kasus ini ke Mapolres Tanjungpinang.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sab 21 Nov 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda