'
| | 1.500 kali dibaca

Warga Pekajang Resah Akibat Tambang Timah Hancurkan Karang Laut

Kapal Isap Timah PARAGON saat sandar di pelabuhan Dabo dan wakil ketua LSM BNM, Syafe'i.

Kapal Isap Timah, Paragon saat sandar di pelabuhan Dabo yang beroperasi di laut Pekajang dan wakil ketua LSM BNM, Syafe’i.

Lingga, Kepri Info-Aktifitas Kapal Isap Penambangan (KIP) Timah laut di laut Cibia desa Pekajang meresahkan masyarakat resah. Aktifitas tersebut membuat air laut keruh, celakanya,  lumpur limbah aktifitas kapal isap tersebut mulai mencemari pantai di pulau Pekajang. Saat ini lumpur akibat aktifitas kapal hisap sudah memenuhi sepanjang bibir pantai desa Pekajang.

Hal in disampaikan Syafe’i, wakil ketua LSM Bela Negeri Melayu (BNM)  yang meninjauan lokasi penambangan timah laut tersebut, Senin (02/06) lalu.”Masyarakat berharap pemerintah meninjau ulang izin yang di keluarkan. Apalagi masyarakat merasa dirugikan akibat pencemaran lingkungan yang menutupi sumber mata pencaharian mereka.”terang Syafe’i kepada media ini,,

Menurutnya, berdasakan peninjauan dilapangan dan laporan masyarakat yang di terima, karang-karang yang menjadi tempat mencari ikan sudah ludes atau karang tersebut sudah tidak bisa di jumpai lagi karena sudah hancur akibat kegiatan kapal hisap tambang timah.”Salah satunya yang biasa di kenal masyarakat menamakan karang tersebut dengan nama Malang Jongkongnatau karang Jongkong, yang dulunya hasil ikan melimpah ruah, kini tidak ada lagi karang tersebut.”bebernya.

Masyarakat Pekajang menuntut agar pemerintah kabupaten Lingga cepat menyelasaikan masalah tersebut.”Mereka mengancam akan mengembalikan data kependudukan kabupaten Lingga dan akan mencari perlindungan kepada pemerintah kabupaten Pangkal Pinang, provinsi Bangka Belitung.”terangnya.

Wakil Ketua Lsm BNM ini menerima laporan tersebut ketika kunjunganya ke Pekajang, bersamaan dengan unsur kepolisian polsek Lingga, camat Lingga dan Danramil Lingga. Dalam hal ini dirinya menyayangkan tidak peka-nya pemerintah daerah, dalam hal ini pemerintah kabupaten Lingga. Bahkan melalui intansi terkait menyangkut kegiatan yang sangat membuat resah masyarakat. Saat ini ada tiga kapal hisap timah di laut Cibia desa Pekajang, adapun nama kapal tersebut Paragon, SMS 1 dan Mocong, salah satu kapal yang beroperasi yakni kapal hisap mocong aktifitasnya tak jauh dengan pulau Pekajang.”tutupnya.(amin)

Ditulis Oleh Pada Rab 04 Jun 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek