| | 763 kali dibaca

Warga Cemaga Panen Bilis

Jenuran bilis warga Cemaga yang penuh.

Jenuran bilis warga Cemaga yang penuh.

Natuna,Radar Kepri-Warga cemaga Desa Cemaga Induk dan sekitarnya di Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna tahun ini panen Ikan Bilis.

Pantauan media ini, Sabtu, (19/11) hari ini di sepajang  penjemuran bilis yang dibagun oleh pemerintah Desa Cemaga di  pelabuhan tambatan perahu desa cemaga  induk terlihat dipenuhi oleh bilis bilis hasil tangkapan warga nelayan pada malam tadi.

Menurut salah seorang Nelayan Tamrin, “Tahun ini hasil tngkapan nelayan lumayan, hampir rata rata nelayan mendapat bilis 10 tong permalam, bahkan ada yang mendapat 70 tong bilis dalam satu malam.

Musim panen bilis ini sempat beberapa tahun ini tidak ada. Hal itu menurut Tamrin, diduga  akibat banyaknya nelayan penyelam yang menggunakan putas dan Bius ikan di perairan laut cemaga.

Sekarang sudah tidak ada lagi, karena ada larangan dari pemerintah desa dan Kecamatan. Nah hasilnya sekarang  masyaakat nelayan merasakan dengan panen bilis yang cukup lumayan.”Tambah Tamrin.

Bilis hasil tangkapan ini dijual dengan harga kering  Rp.35000 sampai Rp. 40.000 (empat puluh ribu rupiah ) per kilo gram (kg).

Satong kalau dikeringkan dapat 5 kg. Sepuluh tong dapat 50 kg. Kalau dikilokan 35000 saja dapat Rp. 1.750 (Satu juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah. Cukup lumayan kalau musim bilis ini sepuluh hari saja dalam sebulan kucup lumayan tambahan ekonomi masyarakat cemaga.”terang Tamrin.

Tamrin juga berharap hasil tangkapan nelayan ini juga dipasarkan diluar derah Natuna. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Sab 19 Nov 2016. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda