' '
| | 888 kali dibaca

Walikota Serahkan Bantuan Pada Pengelola Bank Sampah

Bank Sampah.

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH foto bersama dengan pengelola Bank Sampah usai menerima bantuan.

Tanjungpinang, Radar Kepri- Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH meresmikan acara pembinaan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan di kota Tanjungpinang, Kamis (05/12). Acara di adakan di hotel Bintan Plaza (BP). Serta penyerahan bantuan secara simbolis oleh walikota Tanjungpinang pada perwakilan Bank Sampah kota Tanjungpinang berupa timbangan analog, buku tabungan bank sampah, kantong sampah dan mesin pemotong rumput.

Acara ini juga di hadiri oleh staf ahli, asisten, kepala inspektorat kepala badan, dinas, direktur RSUD dan para pejabat lain di lingkungan Pemko Tanjungpinan, serta para camat dan peserta undangan pembinaan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolahan persampahan.

Peserta yang mengikuti pembinaan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolahan persampahan ini berjumlah 80 peserta. Terdiri dari aparatur pemerintah di tingkat kelurahan dan kecamatan se-kota tanjungpinang, PKK, LPM dan Dasawisma di kelurahan dan kecamatan.

Beberapa penerima bantuan yang berasal dari Bank Sampah  Dahlia dari daerah Tanjung Unggat, Bank Sampah Bangun Kreasi dari Tanjungpinang Timur, Bank Sampah Cermai dari Sungai Jang dan Bank Sampah Gurindam dari Seraya Air Raja.

Ketua panitia penyelenggara menyampaikan, pengelola sampah merupakan bagian dari pengelolahan sampah sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 18 tahun 2008, tentang pengolahan sampah. Maka, pemerintah kota Tanjungpinang melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Tanjungpinang perlu melakukan pelatihan pemanfaatan sampah untuk menunjang pengelolaan sampah berbasis masyarakat, Serta mendukung program adipura di kota Tanjungpinang . Maksud dan tujuan di adakan acara ini, adalah untuk melakukan pembinaan dan koordinasi dalam pengelolaan persampahan di kota Tanjungpinang ini. Dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengelola sampah yang di timbulkan pada skala rumah tangga, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara pengomposan sampah agar dapat di terapkan di lingkungannya masing masing.

H Lis Darmansyah SH juga menyampaikan, dengan pertambahan penduduk di kota Tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau semakin pesat.”Bertambahnya pertumbuhan penduduk, maka bertambah juga volume timbunan sampah yang semakin meningkat secara signifikan. Perilaku gaya hidup modern yang lebih mengutamakan gaya hidup praktis menambah beban penambahan sampah dari waktu kewaktu. Melihat potensi permasalahan di kemudian hari hari, maka upaya meminimalisir volume timbunan sampah dan pemanfaatan sampah sangat di perlukan. Melalui suatu pembinaan kemampuan masyarakat,dalam pengelolahan sampah.”jelas H Lis Darmansyah SH.

Ditambahkan Walikota, hal hal ini bertujuan untuk meningkatkan sanitasi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Dalam kegiatan pembinaan ini peserta yang di utus adalah stakeholder dalam masyarakat yang nantinya akan berperan dan bertanggung jawab dalam pengelolahan sampah, khususnya meminimalisasi dalam bentuk kompos.”Maka saya harapkan kepada para peserta agar dapat mengikutinya dengan sungguh sungguh. Sehingga ilmu yang di peroleh dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari hari. Sehingga masayarakat yang sehat dan peduli lingkungan dapat tercapai.”tutup Walikota.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Kam 05 Des 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda