| | 803 kali dibaca

Waduh, 70 Ribu Warga Batam Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih

Sony Piliang, ketua Gempar Kota Batam.

Sony Piliang, ketua Gempar Kota Batam.

Batam, Radar Kepri-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kepri diharapkan  bergerak cepat melengkapi administrasi untuk warga yang telah memiliki hak pilih. Pasalnya, di kota Batam saja terdapat sekitar 70 ribu warga kehilangan hak pilih karena belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Padahal pemilukada serentak, setingkat Gubernur, Bupati, Walikota akan berlansung pada tanggal 9 Desember  2015 sudah diujung mata. Masyarakat yang belum terdaftar di DPT dan belum memiliki kartu/undangan memilil mulai cemas dan kuatir tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

Kecemasa puluhan ribu warga Batam ini disampaikan, Ketua Generasi Muda Padang Pariaman (Gemppar) kota Batam, Sony Piliang di Batam Centre, Kamis (24/09).”Sekitar 70 ribu masyarakat Kepri, khususnya di kota Batam terancam tidak bisa mengunakan hak suaranya dalam menentukan pemimpinya di wilayah ini. Padahal mereka memiliki Kartu Tanda Penduduk ( KTP) kota Batam /Provinsi Kepri.”jelasnya.

Sony Piliang berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri mengakomodir atau memberikan solusi terhadap masyarakat yang belum terdatar di DPT KPU.”Terutama warga yang memiliki KTP di daerah ini, harus ada kebijakan agar hak pilih mereka tidak hilang, menentukan pemimpinnya ke depan.”ungkapnya.

Angka 70 ribuan tersebut, menurut Sony Pilian bukan tanpa alasan.”Ini murni hasil tim  investigasi kami dilapangan, karena masih banyak warga mengeluhkan, belum terdatar sebagai pemilih.”ujarnya.

Sekali lagi, Sony Piliang minta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, memberikan hak-hak bagi masyarakat yang memiliki indititas berupa KTP Provinsi Kepri untuk ikut memilih kepala daerahnya sendri.

Sementara itu, Lilis Suriani ibu setengah baya, warga kecamatan Batu Ampar kelurahan Jodoh dikonfirmasi awak media ini, apakah ibu telah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilihan Walikota /Gubernur pada 09 Desember 2015 mendatang mengatakan.”Sejauh ini, saya belum mendapatkan kartu pemilih.”jawabnya.(taherman)

Ditulis Oleh Pada Jum 25 Sep 2015. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek