| | 302 kali dibaca

Wabup Sebut SDM Kurang Penyebab Ekonomi Lambat

Wakil Bupati Natuna

Natuna, Radar Kepri-Masih lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di Natuna dinilai salah satu faktor lambatnya geliat perkembangan perekonomian di Kabupaten Natuna.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Natuna, Ngesti.”Sampai semester satu tahun 2017 ini kita akui perkembangan perekonomian di Kabupaten Natuna masih rendah belum nampak ada peningkatan. Hal itu kita lihat disebabkan masih kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan belum tergarapnya Sumber Daya Alam (SDA) kita secara maksimal.

Meskipun kita Natuna diakui memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Sumber daya yang handal sangat kita butuhkan dibidang perkebunan dan perdagangan, serta perikanan sementara kita lihat saat ini SDM masyarakat tepatan masih kurang untuk dapat bersaing dengan orang luar. Tetapi bukannya kita merendahkan anak daerah, tetapi kita masih banyak harus melakukan berbagai pelatihan untuk dapat bersaing di segala bidang tersebut.”terangnya.

Ngesti mencontohkan pertanian gabah di Batubi, sekarang banyak gabah yang bertumpuk karena belum terkelola dengan baik. Begitu juga dengan hasil perkebunan, karena belum adanya hubungan dagang keluar daerah lain hasil panen kebun masyarakat kabrnya banyak yang terbuang tidak adanya pembeli.
Begitu juga dengan kopra dan hasil kebun masyarakat lainya”Kata Ngesti.

Belum tergarapnya beberapa sumberdaya Alam kita, juga salah satu pemicu lambatnya perekonomian kita.

Sebagai mana kita ketahui sampai saat ini kita Kabupaten Natuna masih bergantung pada bagi hasil DBH migas.

Begitu juga dengan dukungan Telekomukasi yang sampai saat ini masih belum maksimal.

Ditambah lagi belum maksimalnya berbagai pembangunan insfrastruktur dan belum lancarnya jalur tranpotasi kita sampai saat ini.”Terang Ngesti.

Namun dengan program presiden yang mengenjot pembangunan di daerah perbatasan termasuk daerah Kabupaten Natuna. Kita harapkan semua yang menjadi kendala bagi natuna dapat teratasi.

Muda mudahan Kita berharap pada tahun 2018 mendatang ekonomi natuna sudah dapat meningkat untuk lebih baik.”Harap Ngesti. Kepada wartawan media ini di ruangan kerjanya Senin,(08/05) pada pukul 11.30 Wib semalam. (Herman)

Ditulis Oleh Pada Sel 09 Mei 2017. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda