'
| | 3.206 kali dibaca

Tujuh Parpol Minta Pencoblosan Ulang di Dapil II Lingga

Harun Abdul Gani.

Harun Abdul Gani.

Lingga, Radar Kepri-Tujuh parpol peserta pemilu di Lingga meminta pencoblosan ulang di Dapil II Lingga yang meliputi Singkep, Singkep Barat, dan Singkep Pesisir. Alasannya, PDIP Kabupaten Lingga memiliki bukti rekaman video adanya permainan uang (money politic) dilakukan salah satu parpol dan caleg.
Ketua PDIP Kabupaten Lingga, Harun A Gani mengatakan, tujuh parpol yang akan menandatangani pernyataan meminta pencoblosan ulang di Dapil II adalah PDIP, PAN, Hanura, PBB, Gerindra, PBB dan PKPI.”Kita minta pencoblosan ulang khusus di Dapil II. Alasan kami jelas, adanya permainan uang yang dilakukan parpol dan caleg tertentu. Bukti sudah kami kantongi.”kata Harun, Selasa (15/04).
Harun mengatakan, ia sudah mengantongi bukti adanya permainan uang dengan adanya pernyataan salah salah seorang caleg dari salah satu parpol. Caleg itu mengaku menerima dana dan ikut membagi-bagikan uang ke warga. Pihaknya telah merekam dan siap menyerahkan bukti tersebut ke Panwaslu Lingga, KPU Lingga, Bawaslu Kepri, Bawaslu pusat dan aparat penegak hukum.”Saya juga sudah berkomunikasi dengan Ketua DPD PDIP Kepri, Soerya Respationo. Juga dengan Sekretaris DPD PDI-P Kepri, H Lis Darmansyah. Keduanya mendukung langkah yang kami ambil. Video rekaman pengakuan adanya money politic juga telah kami kirim ke DPD.”ujarnya.
Kata Harun, sejumlah kades ikut bermain dan menerima dana dari caleg tertentu.”Sejumlah warga dari Singkep Barat datang ke posko kami sore ini (kemarin,red). Mereka melapor kadesnya ikut bermain.”kata Wakil Ketua I DPRD Lingga ini.
Ketua DPD PAN Kabupaten Lingga, Rudi Purwonugroho mengatakan, proses pemilu 2014 diwarnai dengan adanya permainan uang yang kasat mata.”Kami sepakat dengan kawan-kawan parpol lain untuk minta pencoblosan ulang di Dapil II. Bisa dibuktikan dengan nanti apakah caleg dan parpol yang melakukan money politic suaranya bertahan atau anjlok drastic.”kata Rudi, Selasa (15/4) kemarin.
Dukungan untuk meminta pencoblosan ulang juga dilakukan DPD PKS Kabupaten Lingga. Parpol pemenang kedua dalam pemilu 2009 kali ini juga menilai pemilu di Dapil II diwarnai kecurangan.”Saya telah dihubungi kawan-kawan yang punya pemikiran yang sama. PKS setuju digelar pencoblosan ulang di Dapil II.”kata Ketua DPD PKS Kabupaten Lingga, Alghazali A Wahid.
Adanya indikasi kuatnya money politic dilontarkan Caleg Partai Demokrat DPRD Lingga, Abdul Gani Atan Leman. Gani yang diperkirakan akan lolos mendapat satu kursi di DPRD Lingga mengaku geram dengan maraknya money politic yang dilakukan sejumlah caleg.”Kalau ada parpol lain yang sepakat meminta pencoblosan ulang. Tak ada masalah, silahkan saja.”kata Gani, kemarin.
Soal adanya dugaan money politic, Ketua Panwaslu Lingga, Idrus meminta pihak yang memiliki bukti pelanggaran pemilu itu, menyerahkannya ke Panwaslu Lingga.”Kami tunggu laporan itu. Kalau tak ada laporan, apa yang kami diproses.”kata Idrus, kemarin.
Jumlah TPS di Dapil 2 (Singkep, Singkep Barat, dan Singkep Pesisir) seluruhnya berjumlah 104 TPS dengan jumlah pemilih tetap (DPT) 17.841 suara.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Kam 17 Apr 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Tujuh Parpol Minta Pencoblosan Ulang di Dapil II Lingga”

  1. Buat Para Caleq, Kalau Seandainya Terpilih, ingat Masyarakat,bantu masyarakat, sebelum terpilih gencar cari perhatian sana sini,setelah terpilih hanya ingat dengan gencar mengumpulkan harta. Tujuan anda para caleq sebenarnya adalah lapangan pekerjaan dengan penghasilan yg menggiurkan. Lihat Saja Anggota2 Dewan sebelumnya,,, 5 th menjabat,, Bangun Rumah seperti mau ditinggali 1 kampung. Terlalu berlebihan ,, Subhanallah,,
    Wass

Komentar Anda

Radar Kepri Indek