'
| | 2.010 kali dibaca

Tingkatkan Perekonomian, Dishubkominfo Lingga Cari Operator Pelayaran

LINGGA-Spedboat-Rahmat-Jaya-yang-melayari-pelayaran-Dabo-Tanjung-Buton.-Dishubkominfo-mencari-operator-pelayaran-seperti-ini-unt

Spedboat Rahmat Jaya yang melayar -pelayaran Dabo-Tanjung Buton., Dishubkominfo sedang mencari operator pelayaran seperti ini.

Lingga, Radar Kepri-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga sedang mencari operator pelayaran antar pulau agar mempermudah rentang kedali. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang tersebar di beberapa pulau, karena selama ini sangat sulit untuk mendapatkan trasportasi yang layak untuk menuju pulau-pulau di kabupaten Lingga.Dinas Perhubungan akan memberikan kemudahan seperti izin operasional dan pelayaran.
Hal ini diungkapkan Kepala Dishubkominfo, Muzamil Ismail, Rabu (26/03), pihaknya berjanji akan mempermudah perizinan untuk operator pelayaran yang bersedia menyiapkan speedboat antar pulau. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan salah satu perusahaan pelayaran.”Akhir Desember 2013 lalu, kami bertemu dengan operator perusahaan pelayaran PT Sulawesi Rio. Kami berencana membuka rute pelayaran Sungai Pinang-Dabo. Pihak perusahaan sudah berminat tapi terkendala jumlah speedboatnya.”bebernya.
Awalnya, speedboat tersebut disiapkan pihak perusahaan untuk melayari rute Sungai Pinang-Dabo. Tapi malah dialihkan untuk rute Dabo-Jambi.“Kami  akan berupaya semaksimal mungkin. Keputusan untuk mulai beroperasi ada di tangan operator pelayaran,” ucapnya.

Namun Muzamil optimis jika perusahaan pelayaran bersedia membuka rute ke pulau-pulau di Kecamatan Senayang hingga ke Pelabuhan Sei Tenam, Kecamatan Lingga. Selain memudahkan akses transportasi masyarakat, perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan dengan membuka rute ini.”Rute yang bisa dibuka yaitu Pelabuhan Sei Tenam-Tanjung Kelit-Tukul dan pulau sekitarnya. Rute ke Pulau Benan dan pulau-pulau sekitarnya di Senayang, pasti ada penumpang.”paparnya.
Sebelumnya, operator pelayaran PT Sulawesi Rio telah mensosialisasikan rute pelayaran baru Dabo-Sei Pinang pada 20 Desember 2013 lalu.”Namun sampai saat ini, harapan masyarakat tersebut belum terpenuhi.”pungkas Muzamil.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Kam 27 Mar 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek