| | 892 kali dibaca

Santri TPQ Al-Anshar Masih Menumpang di Mushola Babusalam

santri TPQ Al-Anshor saat melakukan praktek sholat-

Santri TPQ Al-Anshor saat melakukan praktek Sholat di Mushola Babusalam karena para santri ini belum memiliki gedung untuk belajar.

Ranai, Radar Kepri-Sejak berdiri pada Agustus 2004 lalu,T aman Pendidikan Qur’an (TPQ) AL-Anshar desa Air Batu di Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna belum memiliki gedung untuk belajar. Para anak didik terpaksa menumpang di Surau Babusalam. Karena itu, mereka berharapkan bantuan bangunan gedung TPQ sendiri oleh Pemda Natuna

Saat ini fasilitas belajar mengajar berlangsung di Mushola Babusalam dan kini sudah tidak memadai lagi untuk ketentraman santri dalam menimba ilmu. Perkembangan jumlah warga juga menambah jumlah santri yang menimba ilmu agama di TPQ Al-Anshar ini. Kenyamanan belajar dan mengajar guru juga sudah mulai  tidak tenang. Apalagi, sejak santri  memilih belajar malam selesai sholat Magrib menjelang Isya ini.

Sebagian jamaah yang bersilaturahmi di Mushola tersebut merasa terganggu di sebabkan hiruk pikuknya anak-anak.”Yang namanya anak-anak, mungkin kita semua sudah memahaminya. Sebanyak 43 orang itu, 43 pula tingkah laku dan perangainya.”Kata Diana salah seorang Pengurus di TPQ tersebut.

Menurut Diana, “Sudah sepantasnya pula TPQ Al-Anshar ini, di bantu untuk Pembangunan gedung oleh pemerintah Kabupaten Natuna. Sebab, keberadaan TPQ di masing-masing daerah Kecamatan atau Kelurahan  sudah membantu pemerintah dalam  proses membebaskan  anak-anak dari buta aksara Al-Qur’an. Meningkatkan Aqidah dan akhlaq anak, serta membantu guru-guru agama  disekolah.”jelasnya.

Sejak berdirinya TPQ Al-Ansyar 9 tahun lalu, sudah 4 kali melakukan wisuda  Santriwan dan Santriwati dengan jumlah 30 Santri yang telah diwisuda tamat Al-Qur’an.”Yang diselenggarakan di Rumah Makan (RM) Sisi Basisir Jemangan, Ranai bersama-sama dengan Santri TPQ se-Kabupaten Natuna yang di prakarsai oleh Badan Musyawarah Guru (BMG) TPQ Kabupaten Natuna.”Tambah Diana.

Dikatakan Diana, melihat perkembangan daerah, sudah sepatutnya Pemerintah Daerah Natuna memperhatikan kebaradaan TPQ AL-Ansyar Air Batu ini.”Karena menurut saya, banyak TPQ-TPQ diluar sana, seperti dipelosok-pelosok sudah di bangunkan oleh pemerintah. Pembangunan tersebut, ada yang melalui PNPM dan ada pula yang melalui Bantuan Dana hibah. Bagi kami, apapun yang membantu berdirinya bangunan untuk TPQ, yang penting di bantu pembangunnya.”harapnya.

Terkait usulan agar permintaan ke Pemkab Natuna ini direalisasikan.”Kami sudah masukkan dan sudah di-usulkan pada Musrembang tahun 2013 untuk tahun 2014 mendatang di kantor Kelurahan kemarin. Mudahan-mudahan harapan kami, usulan tersebut di perhatikan dan mendapat prioritas di Kecamatan Bunguran Timur serta Pemkab Natuna.”harap Diana.

Pihaknya juga meminta anggota DPRD Kabupaten Natuna, khususnya dari Dapil Kacamatan Bunguran Timur ikut membantu memperjuangkan agar di desa Air Batu berdiri TPQ. Terutama warga yang berada di sekitar Mushola Babusalam tersebut. (herman)

Ditulis Oleh Pada Ming 09 Jun 2013. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek