' '
| | 989 kali dibaca

Sambut Ramadhan, PKDP Tpi Gelar Mandi Balimau di Pantai Trikora

Pacu karung, salah satu perlombaan yang dilaksanakan PKDP Kota Tanjungpinang di Pantai Trikora dalam rangka mandi Balimau menyambut bulan Ramadhan 1434 H

Pacu karung, salah satu perlombaan yang dilaksanakan PKDP Kota Tanjungpinang di Pantai Trikora dalam rangka mandi Balimau menyambut bulan Ramadhan 1434 H.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1434 H yang mulai pada 9 Juli 2013. Urang awak yang tergabung Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) di Kota Tanjungpinang. Minggu(30/06) mengadakan acara mandi Balimau guna mempererat silahturahmi sesama warga Pariaman, umumya warga Sumatetra Barat (Sumbar) di Pantai Trikora, Kabupaten Bintan.

Tradisi yang populer di Tanah Minang berupa mandi Balimau yang memiliki arti mandi menggunakan beberapa rempah (serai, pandan dan limau/jeruk nipis) sewaktu memasuki bulan suci Ramadhan yang disebut Mandi Balimau. Dulu kala, mandi Balimau tidak menggunakan sabun seperti sekarang ini, hanya menggunakan kulit limau untuk membersihkan badan dan kulit kepala.Proses Mandi Balimau ini biasa dilakukan di sungai atau pancuran karena di zaman dulu belum banyak sumur.

Se-iring perkembangan zaman dan kondisi dearah, tradisi mandi balimau juga berkembang tanpa melupakan hakikatnya. Acara mandi balimau di pantai Trikota, Kabupeten Bintan misalnya. Mandi balimau yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PKDP Kota Tanjungpinang Safri Kuning beserta Ketua Generasi Muda Pariaman (Gempar) Adamir dihadiri tokoh-tokoh adat Pariaman yang ada di kota Tanjungpinang. Terlihat pula hadir dalam mandi balimau tersebut ketua Minang Maimbau. Daswirobert serta sesepuh Minang yang ada dikota Tanjungpinang, termasuk tokoh-tokoh muda minang lainnya.

Usai mandi balimau, guna mempererat silaturahmi, panitia mandi balimau menggelar pertunjukan kesenian tradisional. Seperti Tambur, Orgen Tunggal, dan Tarik tambamg, pacu goni (karung), serta tari balon. Perlombaan tersebut dibuat secara kelompok. Pemenang perlombaan kesenian itu mewakili kelompok. Hadiah berupa kado diberikan kepada kelompok yang juara.

Untuk juara 1 lomba pacu karung, diraih oleh kelompok ibu-ibu, yaitu Efi, Mar, Jum. Juara lomba pacu Karung remaja, diraih oleh kelompok, Asri, Hesti, Putri. Kemudian juara tarik tambang untuk grub ibu-ibu diraih oleh kelompok, Gorup Salina dan grup, Epi Damir serta grup Mar Splider. Sementara juara tarik tambang remaja diraih grup Putri dan grup Oni.

Pantauan media ini dilapangan, di lokasi pantai tersebut dipadati oleh masyarakat Kota Tanjungpinang umumnya masyarakat Provinsi Kepri. Acara mandi Balimau dan hiburan berlangsung aman dan lancar hingga usai.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Sen 01 Jul 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek