'
| | 1.256 kali dibaca

Sambut Lebaran, MV Marine Hawk Layari Rute Pancur-Tpi

Kapal dari Tanjungpinang yang singgah di pelabuhan Jagoh, Dabosingkep.

Kapal dari Tanjungpinang yang singgah di pelabuhan Jagoh, Dabosingkep.

Lingga, Radar Kepri- MV Marine Hawk melayari rute Pancur-Tanjungpinang (Tpi), biasanya biasa kapal ini berlayar dengan rute Tanjungpinang-Daik Lingga. Namun sejak Minggu (04/08) kemarin, melayari rute baru Pancur (Lingga Utara)-Tanjungpinang.

Pemindahan rute kapal ini dilakukan Dinas Perhubungan dan Kominfo Lingga, agar arus mudik dan arus balik masyarakat Pancur sekitarnya menjadi lancar saat liburan kali ini. Kadishub Kominfo Lingga, Muzzamil Ismail mengatakan.”Sebelumnya rute Pancur-Tanjungpinang  hanya dilayani speedboat.  Kapal Marine Hawk nantinya singgah di Senayang dan pulau-pulau di  sekitar Senayang.”katanya.

Ditambahkan.”Kapal MV Marine Hawk mulai berlayar ke Pancur. Kita harapkan tak ada penumpukan penumpang yang tak terangkut dengan adanya kapal ini. Kalau hanya mengandalkan speedboat, kasihan masyarakat banyak yang sulit ke Tanjungpinang karena tak ada kapal.”ujar Muzzamil.
Selain MV Marine Hawk, warga Lingga di Tanjungpinang sekitarnya yang ingin mudik membawa kendaraan bisa menggunakan kapal Roro KMP Sembilang. Kapal berangkat perdana mulai Selasa (06/08) besok dari Tanjungpinang menuju ke Pelabuhan Jagoh, Singkep Barat.”Ke Lingga bisa naik roro. Kapalnya nyaman, bisa membawa kendaraan. Demikian juga warga Lingga yang ingin keluar membawa mobil, bisa naik KMP Sembilang. Juga bisa membawa barang dalam jumlah besar.”ujarnya.
Dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2013 ini, Dishub Kominfo Lingga meminta seluruh operator pelayaran agar menyiapkan dua unit armada kapal mulai H-3.Permintaan itu disampaikan Dishub, untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini.”Untuk sementara belum ada penambahan kapal dari Dishub. Namun kita mengimbau kepada operator pelayaran untuk menyiapkan masing-masing dua unit kapal.”sebutnya.
Menurutnya, saat ini untuk transportasi laut dari daerah ini ke Tanjungpinang dan Batam
dilayari dengan beberapa operator kapal. Diantaranya, MV Super Jet dari Jagoh tujuan Tanjungpinang. Untuk Tanjung Buton, Daik tujuan Tanjungpinang dilayari 2 unit kapal.
Sedangkan untu Pancur-Tanjungpinang dilayani 2 speedboat dan satu kapal feri Lingga Permai. Sementara untuk Jagoh-Batam telah ada dua unit kapal yang melayani. (muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sen 05 Agu 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek