' '
| | 761 kali dibaca

Sambut HPN Melalui Festival Gurindam 12 Untuk Angkat Khazanah Lokal

Ketua PWI Kepri, Ramon Damora S Ag

Ketua PWI Kepri, Ramon Damora S Ag

Tanjungpinang, Radar Kepri-Menyonsong Hari Pers Nasional di Kepri, serangkaian kegiatan digelar. Diantaranya, Festival Gurindam 12 untuk tingkat pelajar SMP dan SMA sederajat yang akan digelar pada 24 Januari 2015 di hotel Aston Tanjungpinang. Panitia pelaksana Festival Gurindam sudah membuka pendaftaraan hingga 23 Januari 2015.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kepri, Ramon Damora S Ag mengungkapkan.”’Festival Gurindam 12 gubahan Raja Ali Haji ini, adalah bagian dari upaya masyarakat pers Kepri untuk melestarikan khazanah lokal Kepri.”terang Ramon sapaan Ramon Damora.

Dijelaskan Ramon, berbagai kegiatan dalam rangka HPN Kepri tahun 2015 memang sengaja diselenggarakan dari rakyat untuk rakyat. PWI pusat bahkan sangat memuji upaya PWI Kepri di dalam mengangkat khazanah lokal melalui Festival Gurindam 12.”’PWI pusat bilang ke kita, belum pernah ada HPN di Indonesia yang menjulangkan khazanah lokalnya seperti Festival Gurindam di Kepri.” ujar Ramon.

Karena itu, Ramon menghimbau agar para pelajar terus mempersiapkan diri untuk mengikuti festival kali ini. Bagi sekolah atau tim yang belum mendaftar, Ramon juga menganjurkan secepatnya menginfokan ke panitia. Pendaftaran bisa dilakukan melalui harian Tanjungpinang Pos, Arham (08566502341), Posmetro Batam, Desi (085264025597), Batam Pos, Zekma (081364708988), dan Dinas Pendidikan Tanjungpinang melalui Elisa (082285529417).

Sementara itu penanggung jawab Festival Gurindam 12, Arham, hingga kemarin setidaknya sudah ada 16 tim yang mendaftar. Tidak hanya dari sekolah negeri, tapi juga dari swasta ternama yang ada di Kota Tanjungpinang. Para peserta nantinya akan mengikuti festival penuturan Gurindam 12 gubahan Raja Ali Haji itu pada tanggal 24 Januari 2015 di Hotel Aston Tanjungpinang.

Setiap peserta atau tim terdiri dari 10 orang, tim dibebaskan berkreasi dan memilih pasal-pasal yang akan dibaca. Namun diharapkan saat penampilan di panggung tidak lebih dari durasi 7 menit.Tiap tim peserta juga bebas mengkreasikannya dengan musik. Yang penting, jelas Arham.”Tidak di iringi musik dangdut, hip hop, apalagi rock. Namun musik-musik lainnya dibebaskan untuk dikreasikan termasuk penggunaan alat musiknya.’Pokoknya, setiap tim peserta bebas berkreasi, termasuk di dalam mengkombinasikan jumlah penutur gurindam maupun jumlah musik pengiring.”papar Arham. Selanjutnya, para pemenang nantinya akan diberikan beasiswa pembinaan yang jumlahnya cukup besar. Selain pemenang juara 1, 2, dan 3, juga bakal ada juara harapan.”’Semua akan dapat beasiswa pembinaan yang jumlah jutaan rupiah.”tambah Arham.(red)

logo-HPN

Ditulis Oleh Pada Sel 20 Jan 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek