'
| | 811 kali dibaca

Ratusan Hektar Hutan Terbakar Hari Ini di Bintan

Hutan yang terbakar di kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Hutan yang terbakar di kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Bintan, Radar Kepri-Sebanyak 10 orang petugas dari pemadam kebakaran (damkar) dan satu unit mobil Damkar terlihat sibuk memadamkan api yang membakar hutan di kawasan jalan Tanjung Uban, kilometer 24 hingga kilometer 26, Desa Toapaya Asri, kecamatan Toapaya, kabupaten Bintan, Kamis (13/03).

Kebakaran tersebut berawal dari pukul 08 00 Wib, namun hingga 8 jam kemudian atau sekitar pukul 17 00 Wib api belum berhasil juga di padamkan petugas. Menurut Kepala UPT Pemadam Kebakaran cabang Kecamatan Tuapaya, Nurwendi yang dikonfirmasi pada Radar Kepri, Kamis (13/03) via ponselnya, menyampaikan.”Bang hari ini kebakaran di kilometer 24 bang, kebakaran kali ini memang agak dahsyat bang. Mulai dari kilometer 24 hingga kilometer 26.”Kata Nurwendi.

Kemudian lanjut Nurwendi.”Jika diperkirakan hutan yang terbakar sekarang ini, sekitar ratusan hektar. Belum kita ketahui titik api berasal dari mana, namun kami sangat kesulitan untuk memadamkan api. Karena mobil pemadam hanya satu unit saja, jadi kita tidak bisa bergerak dengan cepat karena keterbatasan armada tersebut.”Ungkapnya.

Masih Nurwendi.”Tapi saya mendapat informasi tadi siang. Orang yang diduga pelaku pembakar hutan dikabupaten Bintan ini sudah di tangkap petugas dari Polres Bintan tadi siang. Namun saya belum bisa memastikan, karena saya baru mendapat informasi.”Ujarnya.

Kasat Reskrim Polres, Bintan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Eri H S Ik di konfirmasi Radar Kepri terkait informasi penangkapan orang yang di duga pelaku pembakaran hutan tersebut, Kamis (13/03) melalui SMS menyampaikan.”Besok dihubungi Polsek Teluk Bintan.”tulis Kasat Reskrim.

Sementara itu, hampir setiap hari kebakaran terjadi di kabupaten Bintan umumnya Kepri, dalam dua bulan belakangan ini. Namun belum ada upaya pemerintah setempat untuk menambah armada Damkar. Sementara dana dari APBD setiap tahun yang di alokasikan pemerintah untuk, Penangulangan Bencana mencapai puluhan miliar. Menjadi pertanyaan dari masyarakat. Kemana dana miliaran rupiah yang diaokasikan oleh pemeritah kabupaten Bintan itu raibnya ?.

Hingga berita ini di unggah, pihak pemerintah Kabupaten Bintan yang dipimpin, Ansar Ahmad SE MM itu belum berhasil dikonfirmasi dan klarifikasi oleh awak media ini.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Kam 13 Mar 2014. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek