| | 1.058 kali dibaca

Presiden Diminta Tunjuk Ketua BP Batam

Jery Macan

M Juanda

Batam, Radar Kepri-Pro-kontra di tengah-tengah Batam terkait seleksi Ketua BP Batam yang dilakukan oleh Pemerintahan Provinsi Kepri dengan menggelar uji kopetensi di Tanjungpinang terus lanjut.
LSM mulai menyoroti semua taha seleksi, mulai dari tahap pertama hingga keputusan tim seleksi (timsel) yang hanya meloloskan 10 orang dengan latar belakang berbeda. Mulai dari pelaku usaha, eksekutif,  pejabat pemerintahan.”Namun pemilihan ketua BP Batam dengan cara uji kopentsi yang dilakukan oleh Pemerinthan Kepri ini, dinilai  tidak akan berjalan mulus. Pasalnya hal ini sengaja dilakukan oleh Pemerinthan Kepri, diduga sarat dengan kepentingan oknum-oknum pejabat-pejabat pemegang tampuk kekuasaan di Kepri ini.”katak Jery Macan, atifis sebuah LSM di Batam kepada awak media ini, Selasa (24/12) di Batam Centre.
Jery Macan,  menambahkan.”Saya sebagai masyarakat Batam, bersama dengan beberapa aktifis LSM di kota Batam yang telah lebih dahulu, menyatakan sikap menolak hasil seleksi pemilihan ketua BP Batam. Yang dilakukan oleh pemerintahan Provinsi Kepri karena di duga sarat dengan unsur kepentingan tersebut.”ujarnya.
Maka dari itu, lanjut Jery Macan.”Kita minta pada Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk meninjau ulang kembali hasil seleksi an tata cara pemilihan yang telah di lakukan Provinsi Kepuluan Riau tersebut.”harapnya.
Hal senada juga disampaikan oleh tokoh pemuda Batam yang sudah malang melintang di perpolitikan kota Batam dan Provinsi Kepri, Muhamad Juanda ST.”Sebagai  masyarakat Batam,  kita berharap kepada Presiden untuk secepatnya mengambil tindakan dan langkah-langkah,  terhadap kisruh seleksi Ketua BP Batam oleh  pemerintah Propinsi Kepulauan Riau. Yang dinilai banyak pihak,  sarat dengan kepentingan pejabat-pejabat tertentu. Sehingga mengakibatkan pro-kontra di tengah-tengah masyarakat Batam,”ungkap Jaunda, pada awak media ini, Selasa (24/12)  di  Mega Legenda, Batam Centre.
Ditambahkan.”Untuk pemilihan Ketua BP Batam, sebainyak dipilih lansung oleh pemerintah pusat. Sebagaimana pemilihan ketua Otorita Batam terdahulu. Yang sekarang sudah berubah nama menjadi BP Batam. Karena BP Batam ini, kawasan yang sangat strategis, kawasan industri berbatasan langsung dengan negara tetangga, Singapura, Malaisya dan Brune dan negera tetangga lainya.”ujarnya.
Karena itu.”Kita minta Presiden menetapkan orang yang paling tepat untuk memimpin BP Batam ini. Orang yang mempunyai kemanpuan dan  mengerti biografis Batam, sehingga pembangunan Batam kedepan tetap terjaga.”jelasnya.
Dikatakan Juanda.”Kita harapkan Pemerintah pusat menunjuk secepatnya Ketua BP Batam. Untuk mengindari terjadinya gejolak di tengah-tengah masyarakat. Jangan disebukkan ulah segelintir pemangku kekuasaan yang mengedepankan kepentingannya. Sehingga mengorbankan kepentingan yang lebih luas.”sebut Politikus Partai Golkar tersebut.
Ditambahkan.”Nah.. saya menilai, figur yang paling cocok meminpin BP Batam ini, salah seorang Brijend purnawirawan H Abdu Salam. Beliau pernah dicalonkan pemerintah pusat sewaktu, pergantian bapak Ismeth Adullah sebagai ketua Otorita Batam ke Mustafa Wijaja.”jelasnya.
Untuk memimpin BP Batam, disampaikan Juanda harus orang yang berkuliatas, mempunyai kuantitas dan kridibel serta kapabel, menpunyai jiwa kepeminpinan yang tegas dalam bertindak, dan bijak.”Karena Batam ini, diciptakan oleh orang hebat, Profesor B J Habibie. Batam ini harus dijaga dan dipimpin oleh orang-orang hebat seperti bapak B J Habibie. Dan saya melihat sosok itu, ada pada Bapak Purnawirawan Brigjen Abdu Salam. Saya juga sangat mengenal karakter beliau sehingga pantas untuk meminpin  BP Batam kedepan.”ujarnya.
Masih dia, setingkat pejabat lokal belum bisa memimpin BP Batam.”BP Batam harus dipimpin orang-orang profesianal yang mengedepankan jiwa nasional. Yang mementingkan kepentingan nasional, bukan mementingkan kelompok dan golongan dan kepentingan tertentu. Sekali lagi saya melihat sosok itu ada pada bapak H Abdu Salam.”ujarnya.
Ditaambahkan, seandainya beliau terpilih ketua BP Batam nanti.”Mantan jendaral, tidak perlu lagi diragukan lagi kepeminpinan sebagai ketua BP Batam.”pungkasnya.(taherman)

Ditulis Oleh Pada Rab 25 Des 2013. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda