'
| | 1.215 kali dibaca

Polsek Lingga Diminta Ungkap Motif Kebakaran di DP2KA

Police line, polsek lingga memasang garis pol, di ruangan arsip, DP2KA yang terbakar, kejadian 30 menit yang lalu

Police line, polsek Lingga memasang garis pol, di ruangan arsip, DP2KA yang terbakar, pada 27 Maret 2014 lalu.

Lingga, Radar Kepri-Kasus terbakarnya arsip penting yang berkaitan dengan data pemerintahan daerah Kabupaten Lingga di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Maret tahun 2014 lalu. Hingga hari ini, 27 Maret 2015 ini tepatnya sudah setahun kasus tersebut, belum ada titik terang dan kejelasanya, kinerja Polsek Lingga dalam menuntaskan perkara tersebut mulai dipertanyakan.

Salah seorang, masyarakat Lingga menduga adanya unsur “kesengajaan”yang terbakar itu menyangkut SPPD dan restribusi Pendapatan daerah.”Jadi sangat mungkin diduga kebakaran itu di lakukan sendiri. Karena itu, kepala dinas dan beserta jajaranya wajib di periksa.”ungkap sumber media ini, Jum’at (27/03).

Dirinya menilai, ada keanehan dan kejanggalan dalam penuntasan perkara tersebut, sebab setahun sudah sejak terjadi kebakaran dan telah keluar hasil laboratorium forensik terkait penyebab kebakaran. Namun saat ini tak jelas dan tak terdengar lagi proses penyidikan dan penyidikan, guna mengungkap siapa pelaku dan apa motif di balik dugaan pembakaran ruangan arsip tersebut.”Polsek Lingga di harapkan segera menuntaskan kasus ini, apalagi ini akan menjadi presiden buruk dan kalau kasus ini tidak di selesaikan. Maka akan terjadi lagi kejadian yang sama, jangan kasus ini di peti es-kan.”pintanya.

Sebelumnya sebagaimana di sampaikan Kapolsek Lingga, Iptu Hendriyal kepada wartawan di Lingga beberapa saat lalu, terbakarnya kantor DP2KA ada unsur kesengajaan dan sumber api bukan berasal dari konsleting listrik, namun berasal dari sumber pembakaran. Ssbagaimana hasil laboratorium Forensik Polda Sumut.

Bahkan menurut sumber yang sama di duga kesengajaan pembakaran ruangan yang terdiri data Restribusi Daerah dan Perjalanan dinas pejabat. Menjelang kedatangan Badan Pemeriksa Keuangan ke kabupaten Lingga dalam rangka agenda rutin audit Tahunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten Lingga.”Apalagi, terkait arsip penting yang berkaitan inilah disinyalir ada permasalahan sehingga diduga sengaja di bakar. Agar menghilangkan jejak terkait data-data penting tersebut.”tambahnya.

Apalagi hal ini di kuatkan dengan penjelasan kapolsek Lingga kepada wartawan beberapa saat yang lalu. Bahwa laboratorium Foresik kebakaran di ruangan DP2KA tersebut sumber apinya berasal dari tempat sampah yang isinya kayu, kertas, pelastik dan lainnya. Apalagi bahan bahan tersebut bukan merupakan sumber api sehingga sangat tidak mungkin terbakar dengan sendirinya.

Sebagaimana di ketahui, pemeriksaan terkait pihak-pihak terkait baik saksi mata atas kebakaran ruangan tersebut maupun pegawai di lingkungan Dinas terkait tahun 2014 lalu sudahpun di lakukan. Namun saat kepastian kelanjutan pengelidikan maupun penyidikan bahkan ekspose perkara terkait adanya tersangka terkait dugaan pembakaran Ruangan DP2KA tersebut.

Sumber media ini berharap agar kasus dugaan pembakaran di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset dapat di selesaikan, Begitu juga dengan salah satu pengurus LSM Lentera Lingga, Iskandar alias pak Uban meminta kasus tersebut segera di usut tuntas harus di usut tuntas.”Supaya tahu, siapa pelaku dan motif di balik kebakaran tersebut.”ujarnya sebagaimana di sampaikanya melalui pesan singkat ke media ini Rabu (26/03).(amin)

Ditulis Oleh Pada Jum 27 Mar 2015. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda