'
| | 825 kali dibaca

Polres Lingga Goro Bersihkan Drainase di Jl Kartini

Polres Lingga menggelar gotong royong membersihkan parit di Jl Kartini, Kamis 4 Juli 2013.

Polres Lingga menggelar gotong royong membersihkan parit di Jl Kartini, Kamis 4 Juli 2013. Anggaran pemeliharan jalan dan drainase tersebut dipertanyakan dewan.(foto by muslim tambunan, radarkperi.com)

Lingga Radar Kepri-Kepolisian Resort (Polres) Lingga menggelar gotong royong (goro) di Jalan Kartini Dabo Singkep, tepatnya di depan SMA Negeri 2 Setajam. Jalan ini sudah lama hancur akibat akibat dilintasi alat berat PT Harap Panjang. Goro ini dipimpin langsung oleh Kapolres Lingga AKBP Puji Santoso SH. Sedangkan PT Harap Panjang terlihat datang menurunkan alat berat untuk pengerasan jalan yang selama ini banyak lobang dan berlumpur.
Goro yang berlangsung mulai Jam 14 00 Wib, Kamis (04/07) terlihat Personil Polres Lingga membersihkan parit di sepanjang jalan yang rusak parah akibat genangan air. Selain parit penyebab jalan iturusak, juga  karena mobil PT Harap Panjang berupa dumptruk bermuatan belasan ton selalu melintasi jalan tersebut. Di duga kekuatan jalan tidak sesuai dengan muatan dumptruk yang berisi batu atau aspal dari  PT Harap Panjang yang melalui jalan tersebut.
Masyarakat juga mengharapkan Dinas Pekerjaan Umun Lingga untuk melihat lansung jalan-jalan yang rusak parah. Karena selain dari jalan Kartini ini, masih banyak jalan yang telah rusak berlubang maupun menjadi bergelombang “Ini juga harus di perhatikan dengan baik, supaya masyarakat dapat beraktifitas dengan baik dan lancar.” ujar Arman.
Pengawas pekerjaan jalan dari P T Harap Panjang tampak hadir dalam Goro yang dilaksanakan Polres Lingga tersebut, yang memang pernah berjanji akan memperbaiki jalan Kartini tersebut.

Selama pembersihan drainase oleh Polres Lingga, pantauan media ini dilapangan, terlihat parit pada jalan menuju kantor tersebut tersumbat akibat air yang turun dari kantor perpustakaan tidak dapat berjalan dengan lancar. Karena ada drainase yang tersumbar, karena itu masyarakat meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk meninjau lokasi dan melihat langsung di mana penyebab terjadinnya genangan air di bahu jalan Kartini.
Dengan adanya Goro yang di laksanakan Polres Lingga, masyarakat terutama pelajar sangat berterima kasih. Media ini telah beberapa kali memuat berita tentang rusaknya jalan Kartini tersebut, barulah di zaman Polres Lingga dipimpin AKBP Puji Santoso menjabat. Harapan dan keluhan warga tersebut dapat di realisasikan.

Yang menjadi pertanyaan warga saat ini, kemana raibnya anggaran pemeliharaan rutin jalan di kabupaten Bunda Tanah Melayu tersebut. Karena, hampir setiap tahunnya, Pemkab Lingga mengalokasi biaya pemeliharaan jalan hinga miliaran rupiah untuk klasifikasi jalan Kabupaten. Begitu juga dengan jalan yang dibangun dari APBD Provinsi Kepri, setiap tahunnya Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran pemeliharan jalan.

Inisiatif Kapolres Lingga, AKBP Puji Santoso SH menggelar gotong royong patut dan sangat pantas di apresiasi dan dihargai sebagai bukti kepedulian Kapolres pada wilayah kerjanya. Namun, adanya indikasi korupsi dana pemeliharaan jalan di Dabosingkep ini sepantasnya di usut Polres sebagaimana komitmen AKBP Puji Santoso SH ketika pertama kali bertugas di Kabupaten Lingga.”Enak sekali para koruptor yang menilep uang pemeliharaan jalan itu, jika tidak di usut dugaan korupsi pemeliharaan jalannya.”sebut Harus  A Gani, anggota DPRD Lingga.

Ditambahkan politisi PDI-P ini.”Jangan sampai timbul imej, Kapolres beserta jajarannya yang bekerja (goro, red), koruptor yang memakan uangnya. Karena, anggaran untuk pemeliharaan jalan itu jelas ada. Begitu juga dengan anggran normalisasi atau biaya pembersihan parit itu, setiap tahun di anggarkan. Kemana raibnya anggaran pemeliharaan itu ?.”Tanya Harun.

Pihaknya sangat mendukung, jika Polres Lingga mengusut dugaan korupsi yang menyangkut kepentingan public (jalan dan drainase) ini.”Kita tunggu saja komitmen Kapolres dalam memberantas korupsi.”ujar Harun mengakhiri.(muslim tambunan/irfan)

Ditulis Oleh Pada Kam 04 Jul 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek