' '
| | 1.219 kali dibaca

Peringati Mualid Nabi, Limko Gelar Badikie dan Batalam

Badikie

Suasana Badikie yang dilaksanakan di surau Nurul Muhajirin, Kampung Tarandam, Tanjungpinang.

Tajungpinang, Radar Kepri-Kerukunan Keluarga Limo Koto (Limko) Kampung Dalam, Jurai dari Persatuan Keluarga Daerah Pariaman, (PKDP) menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara Badikie selam 2 hari. Mendatangkan 2 pasang  ahli dikie, 1 orang Ustad (Tuangku) di Surau Nurul Muhajirin, Kampung Terandam kota Tanjungpinang, Senin (17/02).

Dalam acara tersebut, terlihat dihadiri seluruh tokoh, dan sesepuh, Pariaman serta ratusan masyarakat Limko yang ada di kota Tajungpinang. Acara pembukaan dengan cara Sambah-sambahan dan badikie, Talam.

Ketua Lima Koto (Limko) Tanjungpinang Sukarman, dikonfirmasi Radar Kepri ditempat acara tersebut, terkait dengan acara yang digelarnya, mengatakan.”Maulid Nabi secara adat tradisional Pariaman ini tidak pernah dilakukan di Tanjungpinang ini. Karena Pemuda dan seluruh warga Limko bersemangat untuk menggelar acara tersebut, maka kita selaku yang di tuakan, selagi yang positif kita dukung.”Katanya.

Kemudian Mayunis selaku ketua Panitia Pelaksana kegiatan, dijumpai Radar Kepri, disela-sela kegiatanya, tentang biaya kegiatan tersebut, menjelaskan.”Dalam acara yang kami lakukan ini.”Pembiayaanya, dari dana patung-patungan warga Limko itu sendiri. Tidak ada dari pihak lain.Murni dari warga Limko itu sendiri.”Jelas Mayunis.

Ketua Umum Pesatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) kota Tanjungpinang, Syafri Kuning, saat dijumpai awak media ini di tempat yang sama, mengatakan.”Saya selaku yang dituakan dari PKDP kota Tanjungpinang sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena ini perbuatan yang sangat baik.”Katanya.

Masih Safri Kuning.”Selama ini, hanya warga Limko-lah yang mengadakan acara Maulid Nabi secara tradisional.”Mudah mudahan kedepanya, kesepuluh jurai yang ada dikota Tanjungpinang lebih bersemangat lagi. Selagi yang positif, demi kebersamaan saya akan mendukung sepenuhnya.”Ucap Safri Kuning dengan semangat tinggi.(aliasar)

Ditulis Oleh Pada Sel 18 Feb 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Peringati Mualid Nabi, Limko Gelar Badikie dan Batalam”

  1. mansyuarsyah

    Saya sangat mendukung radar kepri yg telah memuat peristiwa2 yg bersejarah ?

Komentar Anda

Radar Kepri Indek