'
| | 837 kali dibaca

Penjabat Bupati Tutup Diklat Prajabat CPNS Golongan III

Foto bersama Penjabat Bupati Bintan dan peserta diklat Prajabatan Golongan III.

Foto bersama Penjabat Bupati Bintan dan peserta diklat Prajabatan Golongan III.

Bintan, Radar Kepri-Penjabat Bupati Bintan, Drs. H. Doli Boniara, M.Si menutup pelaksanaan diklat prajabatan CPNS golongan III kategori umum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan tahun anggaran 2015, Selasa (02/12).

Diklat prajabatan dilaksanakan selama kurang lebih 43 hari, dimulai sejak tanggal 20 Oktober 2015 yang lalu sampai dengan tanggal 01 Desember 2015. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Hermes Agro Resort & Convention, Kecamatan Toapaya oleh Pemerintah Kabupaten Bintan dengan kerjasama Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bintan, Euis Sumartini, diklat yang diikuti 40 orang Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan tersebut berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.”Jadwal yang ditetapkan, semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan. Tingkat partisipasi peserta juga tergolong baik, dimana para peserta aktif dan bersemangat di dalam mengikuti proses pembelajaran.”terang Euis dalam laporan singkatnya.

Dijelaskannya, proses pembelajaran dan materi selama masa diklat dilaksanakan dengan menggunakan sistem andragogi, yaitu dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan simulasi dan praktek di unit kerja masing-masing peserta. Oleh karena itu, melalui diklat tersebut, Ia berharap agar seluruh peserta mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta peran masing-masing secara profesional.”Berdasarkan hasil analisis kami, dampak positif dari diklat prajabatan CPNS Golongan III kategori umum adalah terwujudnya CPNS yang profesional, yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh nilai-nilai dasar profesi PNS, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan publik.”jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara yang menekankan agar para CPNS harus benar-benar menjiwai dan mencintai tugasnya sebagai PNS.”PNS harus memiliki kesadaran dan komitmen sebagai umat yang beragama, sehingga dapat melaksanakan hak dan kewajibannya, sesuai tupoksinya masing-masing.”pesannya.

Menurutnya, kegiatan diklat prajabatan merupakan upaya menanamkan nilai-nilai dasar profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam mengemban tugas pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan menuju terwujudnya pemerintah yang bersih dan berwibawa.

Doli menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan dalam menunjang terlaksananya kegiatan diklat prajabatan tersebut. Doli menambahkan, pemerintah Kabupaten Bintan senantiasa berupaya meningkatkan kualitas aparatnya dengan berbagai bekal pengetahuan dan keterampilan, agar mampu melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang baik.”Diklat prajabatan ini merupakan salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia aparatur yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam rangka mewujudkan sumber daya aparatur yang kompeten.”tambahnya.

Diklat prajabatan yang telah dilaksanakan merupakan pola baru yang sangat berbeda dengan diklat prajabatan sebelumnya.  Proses pembelajaran yang cukup panjang dengan materi penanaman nlai-nilai dasar profesi pegawai negeri sipil sehingga semangat belajar yang telah dibangun selama mengikuti diklat terus dipelihara dan tumbuh berkembang dalam mengukir prestasi yang membanggakan di masa mendatang.

Diharapkannya, dengan adanya diklat ini mampu melahirkan kader-kader PNS yang handal. mengingat di masa mendatang, mutu SDM yang strategis menjadi syarat utama dalam era globalisasi saat ini untuk menjawab tantangan kedepan.”Melalui kegiatan prajabatan ini, saudara-saudara diwajibkan untuk bisa memahami materi yang diberikan. Hendaknya dipahami bahwa latihan prajabatan ini intinya memberikan pendidikan, membina serta meningkatkan kepribadian saudara-saudara sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.”himbaunya.(red/hum)

Ditulis Oleh Pada Kam 03 Des 2015. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda