'
| | 1.049 kali dibaca

Penaah dan Benan Wakili Kepri Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional

Begilah konbdisi desa wisata Benan yang sukses menjadi juar I dalam lomba desa wisata tingkat Provinsi Kepri.

Beginilah kondisi desa wisata Benan yang sukses menjadi juar I dalam lomba desa wisata tingkat Provinsi Kepri.

Lingga, Radar Kepri-Desa Penaah dan Desa Benan sukses meraih juara I ajang Cipta Award Wisata dan Cipta Pesona Wisata berbasis lingkungan se-Provinsi Kepulauan Riau. Berkat pencapaian ini menghantarkan Lingga untuk mewakili lomba desa wisata tingkat nasional.

Hal ini disampaikan kepala dinas Parawisata Lingga,  Junaedi Adjam, Minggu (25/05).”Dinas Pariwisata Provinsi Kepri menetapkan Desa Wisata Penaah sebagai juara I kategori Desa Wisata Cipta Award, sedangkan Desa Wisata Benan raih juara I kategori  Citra Pesona Wisata. Lomba Desa Wisata dan Cipta Award serta Citra Pesona Wisata dengan kriteria pengelolaan desa wisata yang berbasis lingkungan.”terangnya.
Dari tiga kategori yang dilombakan, hanya satu yang tidak diraih dan mesti disadari, bahwa lomba kelompok sadar wisata. Kriteria lomba sadar wisata Lingga hanya raih posisi III dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri.

Kabupaten Lingga sudah memperoleh desa wisata yang terbaik.”Dalam waktu dekat akan menjadi perwakilan Kepri untuk lomba tingkat nasional.”katanya. Perolehan prestasi di bidang pariwisata ini  tentunya didukung dengan berbagai fasilitas infrastruktur yang dibangun Pemkab Lingga dari tahun ke tahun.
Selain pemerintah.”Juga didukung dari anggran PNPM Mandiri Desa Wisata yang terus dilakukan.”kata Junaidi  yang telah banyak memberi manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Menurut Junaidi.”Dengan berbagai even yg dilakukan melalui Disbudpar Lingga, hal itu dapat memberi gairah pada masyarakat terutama dalam berkarya. Aspek pemberdayaan masyarakat yang lebih diutamakan.”imbuhnya.
Selain Penaah dan Benan, Kabupaten Lingga juga memiliki daerah wisata unggulan lain, di antaranya, Pantai Batu Berdaun, Pantai Sergang, Pemandian air panas di Dabo, Pantai Pasir Panjang di Lingga, Air Terjun Resun, Lubuk Pelawan. Serta tempat bersejarah Makam Sultan Mahmud Riayat Syah dan Makam Merah yang juga selama ini di rawat dengan baik.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sel 27 Mei 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek