' '
| | 1.129 kali dibaca

Pemko Gelar Bimtek Guna Tingkat Tupoksi Aparatur Kecaman dan Kelurahan

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH ketika memberikan sambutan dalam acara bimbingan teknis untuk aparatur Camat dan Lurah.

Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH ketika memberikan sambutan dalam acara bimbingan teknis untuk aparatur Camat dan Lurah, Kamis (24/04).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Tantangan tugas bagi para camat dan lurah selaku frontman yang berperan sebagai pembentuk image suatu pemerintahan daerah dalam memberikan kesan pertama yang baik bagi masyarakat semakin hari semakin berat. Hal ini disebabkan pola pemikiran masyarakat yang semakin maju dan bergesernya peran dan fungsi camat/lurah dimasa lalu dan masa kini.

Jika dulu camat dan lurah adalah orang yang cenderung dilayani, maka sekarang ini justru camat dan lurah berperan sebagai pelayan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH saat membuka bimbingan teknis tugas dan fungsi bagi aparatur kecamatan dan kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kamis (24/4), di Hotel Bintan Plaza.

Lebih lanjut disampaikan Lis, baik buruknya suatu pemerintahan tergantung pada siapa yang pertama kali memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang dalam hal ini adalah camat dan lurah. Oleh karena itu, dalam menjalankan tugasnya sehari-hari seorang aparatur pemerintahan wajib memiliki 4 syarat, yaitu attitude (tingkah laku); appearance (penampilan); knowledge (pengetahuan); dan leadership (kepemimpinan). Wibawa saat memberikan pelayanan sangat menunjang baiknya penilaian pada kesan pertama. Selain itu, ada 3 hal lain yang juga perlu dipahami dalam hidup bermasyarakat di dalam suatu pemerintahan, yaitu ilmu pemerintahan, ilmu politik, serta ilmu sosial masyarakat.

Bimtek ini sendiri bertujuan untuk memberikan supervisi, fasilitasi, serta konsultasi bagi aparatur dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebagai pelayan masyarakat, sudah sepantasnya aparatur di kecamatan dan kelurahan memiliki kualifikasi pelayanan yang baik terutama attitude dan leadership. Oleh karena itu, Lis berharap dengan terselenggaranya bimtek ini dapat dijadikan forum diskusi sekaligus untuk mengevaluasi kembali kinerja terdahulu apakah sudah sesuai standar atau belum. Dengan demikian dapat menjadi pedoman untuk melakukan perubahan kea rah yang lebih baik lagi.

Bimtek yang digelar oleh Bagian Administrasi Pemerintahan Setdako Tanjungpinang ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 24-25 April ini diikuti sebanyak 132 peserta yang terdiri dari para camat dan lurah, sekretaris kecamatan dan sekretaris kelurahan, serta para kepala seksi di kelurahan dan kecamatan dengan membawa serta 2 orang stafnya. Bimtek ini juga menghadirkan 2 orang narasumber yang merupakan dosen fungsional di IPDN.(hum/red)

Ditulis Oleh Pada Kam 24 Apr 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek