'
| | 1.303 kali dibaca

Pemkab Lingga Tidak Serius Kembangkan Bandara Dabosingkep

Kabandara Dabo Singkep Dodi Dharma Cahyadi .ST.MT

K epal Bandara Dabo Singkep, Dodi Dharma Cahyadi .ST.MT

Lingga, Radar Kepri-Kemajuan suatu daerah sangat tergantung dengan mobilisasi dan transportasi yang lancar. Kabupaten Lingga yang memiliki geografis kepulauan sangat merasakan pentingnya kelancaran transportasi tersebut. Utamanya transportasi udara, ironisnya, satu-satunya bandara yang ada di Kabupaten Lingga berada di Dabosingkep tidak di mendapat perhatian dari Pemkab. Mati suri, hidup segan mati tak mau, begitu ungkapan yang tepat menggambarkan kondisi bandara peninggal PT Timah itu. Kini, Bandara ini butuh bantuan dari banyak pihak agar bisa digunakan kembali sebagaimana mestinya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bandara (Kabandara) Dabo Singkep, Dodi Dharma Cahyadi ST MT ketika dijumpai media ini, Rabu (20/02).”Kita mengharapkan dukungan dari semua pihak agar bandara ini bisa kembali beroperasi. Beberapa waktu lalu bandara ini sempat di singgahi pesawat, namun tidak lama berhenti lagi.”katanya .

Pihak manajemen bandara sendiri, lanjut Dodi Dharma Cahyadi ST MT saat ini tengah menyiapkan perpanjangan landasan pacu.”Untuk meningkatkan kualitas operasional bandara yang bertujuan, agar pesawat dapat kembali melakukan penerbangan ke bandara ini.”ujarnya.

Ditambahkan.“Saat ini kita tengah meningkatkan kualitas landasan pacu dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Jika Bandara ini hidup, maka akses investor untuk masuk menjadi terbuka lebar. Dengan masuknya investor, semua bidang pembangunan akan berkembang,” kata Dodi sapaan akrab Kabandara Dabo Singkep.

Di samping menambah landasan pacu dan fasilitas pendukung, manajemen bandara Dabosingkep, juga telah mengajukan permintaan kepada Dirjen Perhubungan Udara (Hubud). Agar, memberikan pesawat perintis di Bandara Dabo. Permintaan ini juga telah dipenuhi dengan segera mengirimkan pesawat dengan kapasitas 20 penumpang.“Saat ini masih dalam proses lelang, jika telah selesai segera akan dioperasikan di Bandara Dabo. Tujuan penerbangannya nanti ke Jambi.”jelasnya.

Menurutnya, bandara adalah fasilitas yang strategis untuk memajukan Kabupaten Lingga. Untuk itu, kewajiban semua pihak untuk mendukung keberadaan bandara. Pada saat ini, keberadaan bandar udara Dabo Singkep di Kabupaten Lingga di Provinsi Kepulauan Riau telah memberikan andil yang begitu besar bagi perkembangan perekonomian wilayah maupun Regional maupun Nasional. Terutama bagi pelaku ekonomi dan masyarakat, terlebih dengan semakin mantapnya pelaksanaan otonomi daerah yang di harapkan dapat mendorong percepatan ekonomi.

Tujuan di aktifkanya banbara, agar dapat terus mampu memberikan pelayanan bagi para pengguna trasportasi udarayang cendrung terus meningkat. Dalam rangka mewujudkan harapan tersediannya fasilitas bandar udara, sesuai kebutuhan agar dapat mengantisipasi perkembangan yang akan datang.”Kita berharap langkah yang strategis teknis dan bermuara pada program implementasi pekerjaan. Dalam waktu yang segera mungkin,untuk itu perlu dilakukan serangkaian pembangunan.Kita sangat mengharapkan pemerintah daerah masyarakat ikut serta memdukung  perkebangan transportasi di bandara Dabo Singkep.”katanya. (muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Rab 20 Feb 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda