'
| | 760 kali dibaca

Pemkab Lingga Akan Tingkat Pembangunan Infrastruktur Kawasan Wisata

LINGGA-Pulau-Benan-1

Olah raga Jet Ski di perairan pulau Benan, Lingga yang akan diperbaiki infrastrukturnya oleh Pemkab Lingga.

Lingga, Radar Kepri-Sejumlah penggemar olah raga jet ski terlihat tengah menikmati kendaraannya masing-masing di perairan Pulau Benan di event Tour de Benan. Pulau Benan yang dikenal memiliki keindahan alam yang mempesona. Namun, infrastrukturnya masih minim.

Ke depannya, Pemkab Lingga memastikan pembangunan infrastruktur di kawasan wisata akan lebih ditingkatkan. Sebab, selain pertanian dan perkebunan, pariwisata menjadi andalan Pemkab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
Pemkab berharap dengan adanya tempat wisata tersebut dapat  meningkatkan kesejahteraan dan warga di sekitar tempat wisata tersebut.

Dabosingkep yang menjadi daerah Pertanian dan perkebunan juga tempat wisatanya yang indah diharapkan menjadi andalan Pemkab Lingga di tahun 2014 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Karena menjadi sektor unggulan, ketiga bidang tersebut akan menerima kucuran anggaran yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.”Diharapkan dengan berkembangnya ketiga sektor ini, dapat membuka lapangan pekerjaan. Sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lingga.”kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga, Ir M Ishak, Jumat (13/09).
Menurut Ishak, tidak hanya mendapat porsi anggaran lebih besar dari tahun sebelumnya, anggaran untuk dinas lainnya sebagian diarahkan untuk mendukung ketiga sektor tersebut. Khususnya, anggaran di Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dishubkominfo.”Tentunya tidak mengkesampingkan, pembukaan daerah terisolosir dan kebutuhan masyarakat lainnya.”katanya.

Ditambahkannya, saat ini pembangunan jalan di berbagai daerah di Kabupaten Lingga, yang melewati lokasi pertanian dan pariwisata sudah mulai baik serta terus dibangun. Saat ini, tinggal penataan pariwisata dengan membangun berbagai fasilitas yang mengikut sertakan pihak swasta.
Upaya lain yang dilakukan adalah memperpendek rentang kendali dari Kota Batam dan Tanjungpinang.”Harapan kita  pihak swasta tertarik untuk berinvestasi, di kabupaten Lingga ini. Berbagai kemudahan tentu kita berikan.”ucap Ishak.

Untuk sektor perikanan, sambungnya, Pemkab akan lebih fokus mengembangkan usaha budidaya laut. Sistem kelompok yang saat ini sedang berjalan, sebisanya akan diubah menjadi kemitraan. Untuk tahap awal Pemkab Lingga, tetap berkewajiban membantu penyediaan saprodi dan bantuan teknis.”Selanjutnya peran mitra sangat menjdi penentu keberhasilan, terutama pada manajemen keuangan, jaminan pemasaran dan penyediaan benih.”paparnya.
Untuk sektor pertanian yang di dalamnya termasuk perkebunan, tanaman pangan dan hotikultura serta peternakan, Pemkab Lingga akan tetap memberi dukungan dari dasarnya. Terutama untuk tanaman karet, sagu dan kelapa yang menjadi unggulan.”Investasi dari swasta, tetap dipersilahkan untuk masuk.”sebutnya.
Dalam kesempatan itu ditambahkan, jika semua mendukung dan fokus mengembangkan tiga sektor andalan tersebut dapat berhasil di kembangkan.”Fokus, komitmen dan konsisten serta didukung secara terpadu dari semua elemen dan stakeholder adalah kunci dari keberhasilan mengembangkan sektor unggulan ini.”ujarnya.(muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sab 14 Sep 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda