| | 209 kali dibaca

Parpol Pertanyakan Berkurangnya 20 Ribu Penduduk Natuna

Utusan parpol saat mempertanyakan berkurangnya jumlah penduduk Natuna.

Natuna, Radar Kepri- Partai politik (Parpol) Kabupaten Natuna Kamis, (08/02) 0  pertanyakan terjadinya perubahan data penduduk natuna yang cukup senifikan antara tahun 2014 dengan data penduduk tahun 2017 .

Pertanyaan itu dilontarkan pada acara rapat Koordinasi uji publik usulan dapil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten pemilu tahun 2019, di Hotel Central jalan pramuka siang hari ini.
Mustamin Bhakri, Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Natuna mempertanyakan data penduduk pada pemilu tahun 2014 berjumlah 76.606 jiwa. Sementara tahun 2017 data penduduk terjadi pengurangan menjadi 74.977 jiwa .”Penyusutan data penduduk yang terjadi ini dinilai tidak logika. Masak selama tiga tahun tidak terjadi peningkatan penduduk.” Ujar Mustamin, mempertanyakan kepada pihak KPU.

Mantan anggota DPRD Natuna itu juga meminta kepada KPU untuk melakukan kajian atau pendataan ulang terhadap data yang ada itu. Karena akibat dari perobahan tersebut mengakibatkan berkurangnya jumlah perolehan keterwakilan Dewan Perwakilan Daerah di salah satu dapil.”Tegas Mustamin.

Mennaggapi pertanyaan Mustamin tersebut, Ketua KPU Natuna Affuqndris, S.Com, menegaskan, dalam aturan pemilu 2019 yang diatur undang undang KPU nomor 16 tahun 2017 tetang penyusunan dapil DPRD natuna 2019 bersumber dari data kependuduka kemendagri.

Berapa data yang diserahkan dan diterima mendagri, dijadikan dasar utuk penyusunan dapil dan alokasi kursi. Perbedaan jumlah penduduk dapil 3 dan dapil 1 tahun 2014 dibanding tahun 2019 diluar kewenangan KPU.
ini murni domain pemerintah dalam hal ini disdukcapil natuna dan kemendagri”Ujar Affuandris..(herman)

Ditulis Oleh Pada Kam 08 Feb 2018. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek