' '
| | 972 kali dibaca

Parade Seni Kurang Apresiasi Pejabat

Acara Parade Tari Daerah dgedung daerah 18 Mei (16)=

Foto bersamaGubernur Kepri H M Sani dengan peserta parade tari yang minim dihadiri pejabat.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Gubernur Provinsi Kepri,  H Muhamatd Sani resmi membuka Parade Tari Daerah yang diikuti Kabupaten dan Kota Tanjungpinang se-Provinsi Kepri. Terlihat pula peserta dari luar Kepri seperti dari Sumatera Selatan, Malaysia dan Singapura. Pembukaan dimulai ditandai dengan pememukulan beduk.

Dalam catatan media ini, sepanjang Tahun 2013, baru pertama kali acara tersebut di adakan oleh  Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (18/05) sekitar pukul 21 00 Wib di Gedung Daerah Provinsi Kepri.

H Muhamad Sani menyampaikan.”Kegiatan Parade Tari Daerah ini dilakukan untuk menjalin hubungan silahturahmi sesama masyarakat Kepri. Melanjutkan sejarah kesenian yang diwariskan leluhur kita.”ujarnya.

HM Sani juga menyampaikan.”Sekitar September 2013  yang akan datang, Pemerintah Kepri akan membangun monumen bahasa Indonesia di Pulau Penyengat. Karena di Pulau Penyengat-lah bahasa Indonesia yang kita pakai ini berasal.”ulasnya.

Dinas Kebudayaan menyatakan, Parade Tari Daerah 2013 yang digelar Sabtu malam di Gedung Daerah Tanjungpinang di ikuti 15 tim dari kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Kepri.”Setiap daerah kabupaten dan kota mengutus masing-masing dua tim. Satu tim dari Pemprov Kepri, utusan masing-masing kabupaten kota itu merupakan juara 1 dan 2 saat parade tari tingkat kabupaten dan kota.”kata Kepala Dinas Kebudayaan Kepulauan Riau Arifin Nasir Msi.

Nasir, mengungkapkan.”Kegiatan itu merupakan ajang dalam rangka mencari bibit-bibit daerah yang terbaik di  Kepri. Banyak penari yang berbakat di Kepri ini, potensi ini yang akan kita gali dan kembangan sehingga bisa menjadi duta pariwisata di dunia budaya.”jelasnya.

Satu tim terbaik, nantinya akan dipercaya untuk mewakili Kepri mengikuti parade tari daerah tingkat nasional yang akan diadakan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada 23 Agustus 2013.
Penari asal Kepri yang diutus ke tingkat nasional, lanjut Arifin, akan terus dilatih sehingga dapat menggapai prestasi gemilang.”Pemerintah Kepri menargetkan, tim yang di utus itu mampu meraih juara umum tingkat nasional.”tambah Nasir.

Pantauan media ini dilapangan dalam acara  yang di adakan Dinas kebudayaan Provinsi Kepri ini. Terlihat di hadiri Wakil Walikota Tanjungpinang H Sahrul Sp, namun banyak pejabat yang tidak menghadir acara parade tari daerah tersebut.

Tidak hadirnya beberapa pejabat teras di lingkungan Pemprov/Pemko dan Pemkab tentu saja mengherankan warga yang antusias menyaksikan parade tari itu. Mungkinkah para pejabat itu lebih memilih menikmati libu akhir pecan di luar daerah/negeri, sehingga terkesan kurang apresiasi atas hajatan Pemrov Kepri ini ?.(aliasar/chendy)

Ditulis Oleh Pada Ming 19 Mei 2013. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda