'
| | 254 kali dibaca

Nelayan Takut Melaut, Pemkab Cuek

Laudin, Nelayan Lingga yang tidak melaut karena cuaca buruk.

Lingga, Radar Kepri-Para nelayan di kelurahan Pancur kecamatan Lingga Utara Kabupaten Lingga takut melaut akibat gelombang tinggi yang terjadi belakangan ini di wilayah laut setempat.

Ditemui salah satu tempat, Laudin nelayan Lingga mengatakan, memang musim angin ini tiap tahun sekali ada perubahan untuk saat ini para nelayan hanya bisa bekerja memperbaiki alat tangkap ikan seperti jaring yang rusak dan kapal pompong.”Saat ini, sampai tahun 2018 bln maret kami baru bisa bekerja mencari ikan di laut yang biasanya banyak ikan, seperti laut Penaah dan Mensemut. “kata Laudin kepada media ini, Minggu (3/12).

Menurutnya, jika situasi normal hasil melaut cukup lumayan untuk menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak. Bahkan kata dia, bisa sedikit menyisakan uang untuk berjaga saat tidak bisa melaut.

“Takut saja kadang kalau gelombang sedang tinggi. Intinya nyari aman dan sebenarnya masih ada hari esok / menunggu musim angin teduh meskipun selama 4 bulan baru bisa bekerja melaut,”tuturnya.

Laudin juga menuturkan, pekerjaan sebagai nelayan cukup berat, lantaran harus menempuh jarak laut yang jauh 2 mil untuk menuju tempat ikan biasanya berkumpul.

Ia berharp kepada pemkab Lingga atau dinas terkait, bisa membantu untuk alat takap ikan seperti jaring, karena selama 30 tahun ia kerja nelayan belum pernah tersentuh dengan bantuan apapun.

Dan berilah bantun yang tepat sasaran benar-benar kerja nelayan.”Pemerintah berimbanglah supaya agak memperhatikan kami nelayan ini karena selama ini pemerintah lebih gencar ke Pertanian,” harapnya.(hendra)

Ditulis Oleh Pada Ming 03 Des 2017. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek