' '
| | 930 kali dibaca

Momentum HUT RI Jadi Ajang Pungli

Upacara peringatan HUT RI ke 70 di gedung daerah Pemprov Kepri.

Upacara peringatan HUT RI ke 70 di gedung daerah Pemprov Kepri.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 70 pada 17 Agustus 2015 menjadi ajang pungutan liar (pungli) berkedok sumbangan untuk kegiatan semarak perayaan HUT RI tersebut. Celakanya, besaran sumbangan berjudul suka rela itu dipatok besarannya. Dibeberapa tempat, penarikan sumbangan tanpa persetujuan RT/RW, hanya dijalankan panitia.

Beberapa orang warga mengeluhkan besarnya sumbangan suka rela ala panitia HUT RI ini.”Katanya sumbanga suka rela, tapi kita kasih Rp 3000, yang pungut uang itu ngomel-ngomel. Karena, mintanya minimal Rp 20 ribu.”celoteh Ani, seorang warga di batu 9.

Keluhan serupa disampaikan, Ny Ida, seorang warga Tiongha yang bermukim di Jl Tambak.”Saya diminta menyumbang, waktu saya tanya ada persetujuan RT/RW, yang pungut uang itu marah-marah. Kalau tak mau nyumbang, jangan tanya-tanyalah.”ucap Ny Ida mengulang ucapan oknum yang memungut uang sumbangan suka rela itu.

Mendengar jawaban tukang pungut itu, dengan nada tinggi Ny Ida balik emosi.”Kalau tak ada persetujuan RT/RW, saya tak mau kasih. Mana besarnya ditentukan lagi.”ujar Ny Ida pada radarkepri.com, Minggu (23/08).

Menurut Ny Ida, pihaknya tidak keberatan menyumbangkan uangnya untuk kegiatan perayaan HUT RI, namun tentu saja sesuai aturan dan jumlahnya tidak ditetapkan.”Kalau jumlahnya ditetapkan, namanya buka sumbangan suka rela lagi.”tutupnya.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Ming 23 Agu 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek