' '
| | 2.055 kali dibaca

Modus Penipuan Dengan Tawaran Kerja Sistem Online Beraksi di Tpi

Satreskrim Polresta Tanjungpinang.

Satreskrim Polresta Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Masyarakat Kota Tanjungpinang (Tpi) diharapkan berhati-haati terhadap beragam modus penipuan. Salah satu modus penipuan adalah dengan menawarkan pekerjaan dengan memanfaatkan situs online berbasis web. Seperti dialami Hr (40), warga Jl Bakar Batu ini tertipu dan kehilangan uangnya Rp 10 750 000.

Ceritanya bermula, Senin (28/09) ketika Hr membuka situs www.pelaut.dephub.go.id, dilaman tersebut tertera lowongan kerja kapal dan diminta mengkonfirmasi ke email hrd.ilhamkusuma@gmail.com, beserta nomor hp yang harus dihubungi untuk mengetahui lebih lanjut tentang lowongan kerja tersebut.

Tertarik, Hr kemudian menelpon dan menyatakan keinginannya untuk kerja di kapal tanker atau tugboat pada terlapor dalam hal ini, HH dan IL. Dalam percakapan itu, HH kemudian menjawab.”Dikapal tugboat.”jawab HH dan langsung mematikan Hp.

Selang beberapa saat kemudian, Hp Hr berdering yang menelpon ternyata HH dan menyatakan Hr telah diterima bekerja dikapal Tugboat kemudian diminta mentransfer dana sebesar Rp 13 250 000. Dengan perincian biaya penginapan hotel, asuransi Jamsostek dan transportasi ke Balikpapan. Hr kemudian diminta mengirim ke HH. Setelah sampai di Balikpapan, terlapor berjanji akan menjemput Hr untuk diantar bekerja ke Samarinda.

Hr yang tidak menyangka akan tertipu kemudian mentransfer uang sebesar Rp 10 750 000 ke rekenin HH dan setelah mentransfer menelpon terlapor dengan menyatakan akan membayar sisanya saat telah sampai di Samarinda. Setelah itu, terlapor mengirimkan kwitansi pembayaran tiket ke Samarinda via email, namun ternyata tiket itu palsu.

Hr kemudian menelpon terlapor (HH dan IL) namun dua nomor tak aktif lagi sehingga Hr merasa tertipu dan melaporkan kasus tersebut ke Mapolres Tanjungpinang pada Selasa (29/09) pagi. Saat ini polisi masih menyelidiki (lidik) laporan dugaan penipuan berkedok penawaran kerja dengan system online tersebut.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Rab 30 Sep 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

2 Comments for “Modus Penipuan Dengan Tawaran Kerja Sistem Online Beraksi di Tpi”

  1. Wah ini situsnya .go.id… bisa dilapor itu, laporkan ke hostingannya coba, cari via whois untuk mengetahui hostingannya

  2. Pelaku pasti di temukan andai polisi sungguh2 menangani msalah ini.apalagi dng jaman yg makin modern gini.utk bpk Hr.sabar pak.jadikan pengalaman.agar tidak terulang lg ke dpn ny.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek