| | 1.420 kali dibaca

Minggu, KNPI Kepri Yang Sah Dikukuhkan

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi didampingi Ketua KNPI Kepri, Banjar Ahmad (belakang) saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi didampingi Ketua KNPI Kepri, Banjar Ahmad (belakang) saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Batam, Radar Kepri-Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Muhammad Rifai Darus segera melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Provinsi Kepri, Minggu (22/11) nanti di Sport Hall, Temenggung Abdul Jamal.

Hal ini disampaikan Abdulah Yusuf wakil Ketua DPD KNPI Propinsi Kepri, Kamis (19/11)di Batam Center. Pelantikan DPD KNPI Kepri yang di ketuai Banjar Ahmad dan Andi S Mukhtar sebagai Sekretaris dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi.

Menurut Abdullah Yusus, persiapan pelantikan sudah 90 persen.”Dalam acara pelantikan, KNPI Kepri juga menggelar jalan santai berhadiah 1 unit mobil, 5 motor. Sekaligus menandatangani nota kesepahaman pemberantasan narkoba di Kepri dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kepri.”jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Politik, DPD KNPI Kepri, Evelius Halima, pelantikan kengurusan DPD KNPI Kepri merupakan tindaklanjut Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kepri, 26-27 September 2015 lalu.”Musda yang dibuka Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Rifai Darus berjalan demokratis dan menghasilkan keputusan, saudara Banjar Ahmad terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Kepri secara aklamasi.”terangnya.

Saat ini, lanut Evelius Halima.”Surat Keputusan kepengurusan dibawah komando Banjar Ahmad sudah diteken DPP KNPI. Teman-teman yang masuk dalam kepengurusan sudah saling bertemu beberapa waktu lalu. Selanjutnya mereka mengamanatkan kepada panitia Pelaksana Pelantikan untuk menggelar proses pelantikan.”kata Halima.

Ditambahkan Halima, kepengurusan DPD KPNI Kepri dibawah komando Banjar Ahmad tidak perlu diragukan lagi legitimasinya. Selain terpilih secara demokratis. Musda KNPI 26 September juga mengacu pada arahan DPP KNPI Pusat dibawah kepemimpinan Ketua Umum, Muhammad Rifai Darus sebagai Ketua Umum terpilih Kongres KNPI XIV di Papua. Dimana, kongres tersebut dibuka wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Ditanya tentang adanya klaim dari pihak yang mengatasnamakan DPD KNPI Kepri dibawah kepemimpinan Tedi Jun Askara?. Wakil Ketua DPD KNPI Kepri, Abdullah Yusuf menegaskan, sesuai Surat Penegasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tertanggal, 30 Oktober 2015, nomor AHU2.AH.01.04-192, Perihal Keabsahan KNPI dengan Alamat Jl HR Rasuna Said, Komplek GEMA Kuningan, Jakarta Selatan, dinyatakan, Pengurus DPP KNPI Kepri itu adalah Muhammad Rifai Darus (Ketua Umum), Sirajuddin Abdul Wahab (Sekjen), dan Firman Baso (Bendum).

Sementara itu Dewan Pengawas/MPI adalah Ahmad Doli Kurnia Ketua Mustafa M. Radja Sekretaris.”Jadi merujuk surat itu maka terang benderanglah persoalan dualisme. Tidak ada lagi KNPI selain yang ditegaskan Kemenkumham. Kalau ada KNPI lain, mungkin kepanjangannya bukan Komite Nasional Pemuda Indonesia. Termasuk persoalan logo KNPI, juga berlaku selama 50 tahun, sesuai dengan Surat Pendaftaran Hak Cipta, 21 Mei 2010. Hal ini disahkan Kemenkumham dan diteken atas nama Menteri Hukum dan HAM RI oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, DR Aidir Amin Daud SH MH tanggal 2 Juni 2015 lalu. Logo itu berbentuk perisai, wadah, figur warna Coklat, daun dan huruf KNPI warna Kuning, dasar bagian bawah warna biru, dasar bagian atas warna putih, garis pinggir warna Hitam.”terang Abdullah Yusuf.

Abdullah juga meminta agar penegasan Kemenkumham ini menjadi sandaran bagi semua pihak, baik lembaga negara maupun lembaga swasta untuk berhubungan dengan KNPI.“Negara mengakui hanya KNPI hasil kongres Papua,” timpal Abdullah.

Dia berharap roda organisasi KNPI kembali bisa berjalan kondusif.”Penegasan Kemenkumham ini adalah jawaban konflik yang dipicu ketidakpuasan sekelompok orang pada hasil kongres Papua. Tapi semua sudah selesai sekarang. Mari kembali membangun soliditas. Trust for harmony.”tegas Abdullah.

Satu hal lagi yang perlu dicatat kata Abdullah, dalam acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-87 secara nasional di Tanjungpinang, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi menegaskan, pihaknya dalam kesempatan itu mengundang DPP KNPI dibawah komando, H. Muhammad Rifai Darus.”Jadi, kepengurusan DPD KNPI Kepri dibawah komando Banjar Ahmad sangat legitimate. Tak perlu lagilah diperdebatkan.”pungkasnya.(taherman)

Ditulis Oleh Pada Jum 20 Nov 2015. Kategory Batam, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda

Radar Kepri Indek