'
| | 637 kali dibaca

Masyarakat Kelombok Tagih Janji Pemkab

untitled2

Masyarakat Desa Kelombok masih mengandalkan air bersih dari hujan. Dan, di musim kemarau mereka harus membeli air ke seberang pulau. Karena itu, mereka menagih janji Pemkab yang akan memasang pipa di tahun 2012, namun hingga kini belum juga terpasang.

Lingga, Radar Kepri- Warga Desa Kelombok, Kecamatan Lingga menuntut janji Pemkab Lingga, agar dapat melaksanakan program pemasangan pipa air bersih ke desa ini di 2013. Rencana pemasangan instalasi air bersih di desa ini, sebenarnya sudah dianggarkan pada tahun 2012, lalu. Namun, karena defisit anggaran pemasangan pipa itu tertunda.”Persoalan air bersih memang harus segera diatasi. Sudah lama masyarakat mengeluhkan tidak ada ketersediaan air bersih di Kelombok jika musim kemarau. Pemkab Lingga jangan lagi menunda pemasangan jaringan ait bersih.”kata warga Kelombok, Supar kepada wartawan  kemarin.

Dia menuturkan, meski saat musim hujan masyarakat tidak kesulitan mendapatkan air bersih, namun kualitas air bersih di Desa Kelombok masih jauh dikatakan sehat.”Kalau musim kemarau, masyarakat harus menyeberang ke Mepar atau Lingga. Untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan minum.”ucapnya.

Dia menuturkan, Pemkab Lingga tidak dapat menunda lagi rencana pemasangan pipa air bersih ini. Janji pemerintah untuk melakukan pemasangan pipa dari Sungai Tande, Daik lalu dihubungkan ke Bukit Cening untuk dialirkan ke Desa Kelombok.”Kalau tidak hujan selama satu minggu warga harus beli di Pulau Mepar atau Daik.”ucapnya.

Kepala Desa Kelombok, Iskandar, membenarkan pernyataan warganya ini. Iskandar mengaku, usulan pemasangan pipa air bersih di Kelombok, sudah diusulkan sejak tahun 2009.”Sudah pernah dilakukan survei. Namun hingga saat ini belum ditealisasikan.”ucapnya.

Ia mengingatkan, Dinas PU jangan lupa janjinya untuk melakukan pemasangan pipa air bersih pada tahun ini di Kelombok. Masyarakat Kelombok sangat menderita jika musim kemarau datang.”Bagi masyarakat yang ekonominya mapan memang bisa membeli di luar pulau. Namun bagaimana dengan keluarga yang tidak mampu.”imbuhnya.(tmb)

Ditulis Oleh Pada Ming 10 Feb 2013. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda