| | 766 kali dibaca

Malam Resepsi HUT Natuna ke 15, Bupati Paparkan Sejumlah Keberhasilan

Malam apresiasi

Malam apresiasi HUT Kabupaten Natuna

Natuna, Kepri Info-Malam resepsi HUT Kabupaten Natuna ke 15 tahun 2014, Bupati Kabupaten Natuna Drs.H. Ilyas Sabli, M.Si, menyampaikan pesan dan saran dihadapan ribuan masyarakat Kabupaten Natuna yang hadir pada malam kebahagiaan  tersebut. Pesan Ilyas diantaranya, selama 15 tahun pembangunan Kabupaten Natuna, secara bertahap berbagai indikator kemajuan seluruh sektor yang ada telah sama-sama diupayakan untuk ditingkatkan.

Diacara yang dihadiri Wakil Bupati Natuna, Imalko Ismail,S.Sos, Ketua DPRD Yusri Pandi, Sekda Natuna Drs Sysmsurizon dan beberapa FKPD dan SKPD tersebut. Bupati Ilyas memaparkan.”Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai peran dan fungsi tentunya, saling bahu membahu dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, demi mewujudkan masyarakat yang lebih sejatera pembangunan daerah yang lebih maju. Pada kesempataan yang berbahagia ini, dapat saya sampaikan beberapa pencapaian yang kita wujudkan bersama.”kata Bupati.

Yaitu, dalam rangka penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan prima bagi masyarakat. Pencapaian tersebut diantaranya pertumbuhan ekonomian masyarakat  terutama pada tahun 2013 mencapai 6,60 persen seiring dengan peningkatan indeks pembangunan manusia yang mencapai 72,25 persen pada tahun yang sama.

Indeks pembangunan manusia dapat terus ditingkatkan jika beberapa sektor peroritas dijadikan perhatian dalam program kerja setiap tahunya. Diantaranya pelayanan kesehatan sebagaimana  dilaksanakan selama 2 tahun belakangan ini melalui alokasi anggaran untuk pelayanan kesehatan gratis, diiringi dengan peningkatan sumberdaya aparatur medis serta peningkatan sarana penunjang pelayanan kesehatan.

Selain dari pada itu, peningkatan mutu pendidikan juga senantiasa menjadi perhatian melalui rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah, terutama melalui pemberian beasiswa, alokasi anggaran bagi operas onal sekolah, tunjangan bagi tenaga pengajar terutama yang berada diwilayah pelosok dan peningkatan tenaga pengajar yang diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap mutu pendidikan didaerah.”Saya menyadari,bahwa masih banyak pekerjaan yang menanti kita semua, terutama terkait hal upaya membuka tabir isolasi sekaligus mengejar ketertinggalan pembangunan dari beberapa daerah lain. Untuk itu, pembangunan Enclave Civil yang direncanakan dapat beroperasi pertengahan tahun depan, menjadi salah satu fokus perhatian yang dirasa dapat mendukung percepatan pembangunan  disegala sektor.”terang Bupati.

Selain dari pada itu pula, pembangunan pasar yang akan mampu menampung komoditi asli daerah serta menjadi media terpusat bagi pengembangan sektor perdagangan sekaligus. Secara stimulant program pembangunan berjalan diberbagai sektor dengan harapan hasil dari pembangunan tersebut dapat saling mendukung dan memberikan nilai tambah bagi segala sector lainnya.

Pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi nadi penghubung mobilisasi dirasa sangat penting, terutama bagi beberapa wilayah dengan akses cukup sulit secara terus menerus dibenahi. Program kerja peningkatan keterampilan masyarakat serta dana bergulir, melalui program  bantuan usaha ekonomi produktif dalam rangka menanggulangi kemiskinan melalui kelompok  usaha bersama dengan dana konsentrasi periode  2011-2014.

Melalui dana program kerja tersebut, pemerintah daerah mengharapkan pada masyarakat, kiranya mampu memacu semangat untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejateraan  secara mandiri.

Selama 15 tahun pula seiring amanat otonomi daerah.”Kita semua telah menunjukan komitmen untuk membangun negeri, dan sampai saat ini kita juga telah banyak meraih berbagai penghargaan yang merupakan hasil dari kerja keras kita selama ini.”kata Bupati.

Adapun beberapa penghargaan yang telah didapatkan diantaranya.

1.Penghargaan dari Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono, Piagam Penerbitan, Perda akte kelahiran  bebas bea  tahun 2008.

2 Penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan  laporan keuangan pada tahun 2012 dan 2013 dengan mencapai dalam standar tertinggi dalam akuntansi dan laporan keuangan pemerintah daerah dengan opini wajar tanpa pengecualian 2 tahun berturut-turut.

3. Dengan itu pula komisi Informasi Kepulauan Riau memberikan penghargaan kepada Kabupaten Natuna sebagai peringkat ke 1V dalam monitoring dan evaluasi Website tentang transparan infomasi badan public Kabupaten /Kota se-Propinsi Kepulauan Riau tahun 2012. Serta Penghargaan pengelolaan raskin terbaik  diseluruh Indonesia.

Berbagai penghargaan tersebut diatas merupakan buah manis dari hasil kerja keras semua pihak. Namun, masih banyak pontensi yang idealnya dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat, namun belum dapat dikelola secara maksimal.(herman)

Ditulis Oleh Pada Sel 14 Okt 2014. Kategory Natuna, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda