' '
| | 2.237 kali dibaca

Mahasiswa Anambas Demo Tolak PT KJJ

Mahasiswa Anambas saat mengelar aksi unjuk rasa menolak rencana PT KJJ yang akan "membabat" hutan di Jemaja Timur.

Mahasiswa Anambas saat mengelar aksi unjuk rasa menolak rencana PT KJJ yang akan “membabat” hutan di Jemaja Timur.

 

Tanjungpinang, Radar Kepri-Puluhan mahasiswa asal Anambas yang tergabung dalam Himpunan ¬†Mahasiswa Anambas bersama¬†gabungan ormas dan OKP yang ada dikota Tanjungpinang mengelar aksi demo menolak rencana PT. KJJ yang akan “menghancurkan” hutan di Jemaja Timur dengan dalih pembukaan perkebunan karet, Senin (30/05) di kantor DPRD Kepri.

Sejak awal, kehadiran PT KJJ di Anambas telah menimbulkan kontroversi dan perpecahan ditengah masyarakat Jemaja. Karena ada yang pro dan kontra. Padahal sebelum perusahaan inj hadir, masyarakat Jemaja hidup dalam kedamaian dan tentram. Namun karena “nafsu” ingin mengambil kayu berkualiyas tinggi di hutan Jemaja, masyarakat Jemaja terpecah.

Mahasisw dengan tegas menolak rencana PT KJJ yang akan “menjarah” hutan mereka dengan dalih pembukaan perkebunan karet.

Pada kesempatan terpisah, Fadil Hasan SH memdukung aksi unjuk ras damai mahasiswa Anambas itu, meskipun secara mendadak koordintor umum demo mundur.

Menurut Fadil Hasan SH,”Hutan yang mau dibabat investor dengan dalih alih fungsi tanaman karet.Jemaja Timur adalah bagian dari Kabupaten Anambas..hutan jemaja timur juga hutan untuk masyarakat Anambas.”katanya.

Ditambahkan tokoh pejuang pembentukan KKA ini.”Sebagian besar masyarakat menolak hutan tersebut dibabat dan diganti dengan tanaman karet.”ucapnya. Karena, masih kata Fadil Hasan SH.”Apbila hutan tersebut ditebang jelas aakn ada perobahan eko sistem dan dampak lingkungan yang sangat luas. Apakah sudah ada kajian dampak lingkungannya ?. Apakah lebih besar manfaatnya dari pada mudaratnya.?”tanya Fadil.

Menurut Fadil Hasan.”Kuncinya tetap di Pemerintah Daerah,kalau.ini diizinkan semua ada dampak yang luar biasa untuk Anambas terutama lingkungan sekitar. Pemda harus konsisten menolak alih fungsi hutan ini..karena banyak hal yang harus dikaji ulang.”terangnya.

Dari pihak PT.KJJ, Fadil Hasan menyarankan.”Kalau merasa sudah benar, semua prosedur sudah ditempuh dan dirugikan, silakan menempuh jalur hukum..negara kita negara hukum, jangan gunkan cara-cara anarkis dan melanggar hukum.”pungkasnya.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sen 30 Mei 2016. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

1 Comment for “Mahasiswa Anambas Demo Tolak PT KJJ”

  1. DPW LSM LIDIK Kepri

    lakukan terus gerakan penakan sehingga rakyat anambas harus menang di negeri sendiri, jangan rusak hutan jemaja.

Komentar Anda