' '
| | 1.115 kali dibaca

Lebaran Hari ke 5, Pulau Penyengat Masih Ramai di Kunjungi Wisatawan

Warga yang berkunjung ke pulau Penyengat.

Warga yang berkunjung ke pulau Penyengat pada Jumat (01/08).

Tanjungpinang, Radar Kepri-Pulau Penyengat yang berada di depan Pulau Bintan, Kota Tanjungpinang memiliki historis dan sejarah. Setiap tahun, terutama di hari raya umat Islam, pulau ini dikunjungi ribuan wisatawan domestik maupun wisatawan manca Negara (wisman). Buktinya, meskipun sudah memasuki hari ke 5 hari raya Idul Fitri 1435 H/2014 M, Jumat (01/08) pulau ini masih ramai dikunjungi wisatawan dengan beragama alasan.

Para pengunjung, selaian berziarah ke makam juga menyempatkan diri ke Masjid yang terkenal sejak ratusan tahun lalu. Tak lupa, pengunjung juga mencicipi kuliner (makanan) khas Melayu yang di jajakan warga.

Pantauan media ini dilapanga, mulai dari pukul 08 00 Wib, arus wisatawan mulai berdatangan silih berganti hingga pukul 17 00 Wib. Jalur laut merupakan satu-satunya transportasi menuju tujuan wisata sejarah tersebut. Para pengunjung berangkat dari pelabuhan khusus menuju penyengat di Tanjungpinang. Dimana, setiap penumpang yang naik pompon ataupun motor temple dikenakan ongkos Rp 6000 per-orang.

Kapasitas pompong yang biasanya memuat 15 orang, pada lebaran kali ini terlihat over penumpang. Satu pompong, terlihat mengangkut 40 orang penumpang namun cuaca yang bersahabat membuat perjalanan hamper 15 menit ini lancar.

Menurut Yani (28) seorang warga Tanjungpinang yang dijumpai Radar Kepri di pulau Penyengat mengatakan.”Saya ke pulau Penyengat untuk berkunjung ke rumah saudara yang tinggal disini.”katanya.

Sedangkan Ira (24), juga warga Tanjungpinang meyebutkan.”Saya ke pulau Penyengat ini karena rutinitas, setiap tahunnya bersama ibu dan keluarga lainnya berkunjung dan sholat di Masjid di Penyengat ini.”terangnya.

Ira menambahkan, untuk dapat menjelajahi pulau Penyengat.”Ada becak motor dengan tarif Rp 20 ribu, kita sudah bias diantarkan ke tempat yang di inginkan.”tutupnya.

Sedangkan Iwan, warga dari Gunung Bintan Bekapur yang datang bersama keluarga besarnya menuturkan.”Saya sudah dua kali ke pulau Penyengat ini, Insya Allah tahun depan, kami bersama keluarga akan datang lagi untuk berziarah dan sholat di Masjid ini.”ujarnya.(serly maryani)

 

Ditulis Oleh Pada Jum 01 Agu 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

1 Comment for “Lebaran Hari ke 5, Pulau Penyengat Masih Ramai di Kunjungi Wisatawan”

  1. anak melayu

    Tradisi yang takkan pernah padam

Komentar Anda