' '
| | 1.139 kali dibaca

KPK Diminta Awasi Auditor BPK di Kepri

Suasana upacara di halaman kantor Bupati Anambas.

Suasana upacara di halaman kantor Bupati Anambas.

Tanjungpinang, Radar Kepri-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta mengawasi hasil audit yang saat ini sedang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kepri di beberapa daerah, Terutama daerah tingkat II seperti Kabupaten Kepulauan Anambas, karena diduga akan terjadi transaksi agar hasil audit tersebut menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sumber media ini di Anambas menyebutkan.”Saat ini ada upaya lobi-lobi dari pejabat Anambas untuk mendapatkan hasil audit keuangan tahun 2013 kalau dengan status WTP. Padahal, banyak sekali kebocoran keuangan Negara di Anambas itu. Mulai dari subsidi pesawat Sky hingga mega propyek water front city.”sebut sumber yang meminta nama tidak ditulis itu.

Padahal, lanjut sumber predicate WTP itu syartanya, program dan kegiatan dalam pelaksanaanya berhasil 100 persen, dan tidak ada temuan dan catatan. Baik dilihat dari aspek fisik maupun administrasi keuangan maupun dari pengelolaan aset. Jadi kalau ada kegiatan tidak tercapai sesuai target dan tepat waktu akan terdapat silpa atas kegiatan berjalan. Tidak mungkin mendapatkan WTP, kalau dapat berarti ada permainan.”terang sumber meneruskan konfirmasinya dengan seorang pejabat Bappenas.

Uraian di atas diungkap sumber, mengingat adanya indikasi pemaksaan hasil audit BPK di Anambas untuk meraih WTP dari APBD Tahun 2013 lalu.”Tapi karena banyak temuan dugaan penyalahgunaan dan aset-aset Kabupaten Anambas yang tidak jelas bukti kepemilikannya. Mulai dari Silpa yang tinggi, banyak proyek yang tidak siap. Sewajarnya hasil audit BPK tahun ini berstatus Wajar Dengan Pengecualian.”beber sumber.

Kalau dipaksakan WTP, lanjut sumber.”Berarti ada yang tidak beres dan patut diduga semata-mata politik pencitraan untuk dia maju lagi pada Pilkada 2015 mendatang.”tutup sumber.

Hingga berita ini dimuat, media ini belum berhasil menjumpai auditor BPK Perwakilan Kepri dan Bupati Anambas, Tengku Muhtarudin guna konfirmasi dan klarifikasi terkait dugaan tersebut di atas.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Sel 13 Mei 2014. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek