'
| | 1.203 kali dibaca

Kebersihan Tempat Wisata Tanggungjawab Bersama

Tempat Wisata Air Terjun Resun yang menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga kebersihannya.

Tempat Wisata Air Terjun Resun yang menjadi tanggungjawab bersama untuk menjaga kebersihannya.

Lingga, Radar Kepri-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lentera Lingga, minta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kabupaten Lingga tanggap dalam menangani masalah kebersihan dan pengamanan di lokasi tempat wisata di Kabupaten Lingga.
Menurut Iskandar, Ketua LSM Lentera yang dikonfirmasi Radar Kepri pada Senin (04/08) melalui telepon genggamnya .”Melihat lokasi air terjun Resun di Kecamatan Lingga Utara, terlihat  kotor tanpa ada petugas dilapangan baik kebersihan maupun kemanan lokasi. Saya lihat gazebo di air terjun kotor, membuat pengunjung kesulitan mendapat tempat duduk. Harusnya tempat wisata selalu di jaga kebersihannya.”ungkapnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam di konfirmasi mengatakan.”Untuk petugas di tempat wisata seperti air terjun Resun sudah ada, melalui lembaga desa wisata setempat, baik keamanan maupun kebersihan lokasi. Kita sudah serahkan ke lembaga wisata untuk mengelolanya, baik kebersihan ataupun kemanan. Apa lagi setiap desa wisata sudah diberi wewenang melalui lembaga, kalau Dinas memantau saja setelah wewenang itu diberi.”ungkapnya.
Menurut Junaidi, desa wisata di kelola lembaga melalui dana retribusi pengunjung yang datang ke lokasi tersebut. Pembagian dana yang di pungut sudah jelas.”Tujuh puluh persen untuk lembaga yang mengelola, 30 persen untuk Kas daerah (DP2KA). Maka wewenang di serahkan ke lembaga untuk mengelola.”terang Junaedi.

Kebersihan tempat wisata, juga tidak terlepas dari kepedulian pengunjung agar membuang sampah di tempat yang sudah di sediakan.”Supaya tempat-tempat yang kita kunjungi terlihat bersih dan indah.”pungkasnya. (muslim tambunan)

Ditulis Oleh Pada Sen 04 Agu 2014. Kategory Lingga, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. Anda juga dapat memberikan komentar untuk tulisan melalui form di bawah ini

Komentar Anda

Radar Kepri Indek