' '
| | 2.034 kali dibaca

Kawanan Spesialis Pencurian Modus Congkel Jok Motor Ditangkap

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Parluhutan Siagian S Ik MSi saat menggelar jumpa pers pengungkapan pencurian dengan modus congkel jok motor, Kamis (15/10)

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Parluhutan Siagian S Ik MSi saat menggelar jumpa pers pengungkapan pencurian dengan modus congkel jok motor, Kamis (15/10)

Tanjungpinang, Radar Kepri-Kepolisian Resor Tanjungpinang (Polres Tpi) dan Kepolisian Sektor Kota Tanjungpinang (Polsekta Tpi) berhasil meringkus 4 tersangka pencurian spesialis congkel jok motor. Dalam beraksi, empat sekawan ini memiliki peran masing-masing, ada yang bertugas mengambil dan sisanya menghalangi-halangi pandangan saat rekannya beraksi.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian Parluhutan Siagian S Ik M Si didampingi Wakapolres, Kompol I Wayan S dan Kasat Reskrim AKP Reza Morandy Tarigan S Ik dalam jumpa pers pada sejumlah pewarta mengungkapkan.”Perkara yang kami ungkap adalah berkat kerja keras reserse dan criminal dan jajaran Polsek Kota.”ucap Kapolres.

Mereka ini, lanjut Kapolres adalah spesialis pencuri dengan mencongkel jok motor yang sedang diparkir masyarakat.”Kemudian dengan cara dan teknik yang cukup ahli mencongkel jok motor. Dimana modus pencurian ini telah berpuluh kali dilakukan, beberapa alat bukti yang ada menunjukkan kepiwaian mereka dalam beraksi.”terang Kapolres.

Sebelum beraksi, masih kata Kapolres, mereka sudah menggambar dan mengamati.”Setelah pemilik kendaraan menjauh, mereka ini beraksi. Dengan bantuan teman, mencover (menghalangi penglihatan,red) saat teman mereka yang beraksi. Dengan keahlian mereka, hanya perlu satu menit untuk mengambil barang-barang yang ada didalam jok motor tersebut.”beber Kapolres.

Ketiga tersangka yang ditangkap itu adalah Andre, Kasidi, Yudi dan Doni. Saat Kasidi beraksi, Yudi dan Andre bertindak menghalangi pandangan pemilik motor dengan pura berdiri didepan samping motor sedangka Kasidi dengan cepat mengangkat jok motor dan langsung menjarah isi yang ada dalam jok motor.

Inilah 3 tersangka pencuria spesialis congkel jok motor yang berhasil ditangkap Polres Tanjungpinang.

Inilah 3 tersangka pencuria spesialis congkel jok motor yang berhasil ditangkap Polres Tanjungpinang.

Tempat kejadian perkara (TKP) menyebar di beberapa tempat, diantaranya lapangan bola Sulaiman Abdullah, Tepi Laut tepat di depan Gedung Daerah, Anjungan Cahaya dan Suka Berenang.”Pada umumnya, korban sedang berolah raga pagi atau berbelanja dipusat-pusat keramaian.”kata Kapolres.

 Dari pengembangan penyelidikan, menurut Kapolres, para tersangka ternyata juga telah melakukan aksi serupa di Kota Batam puluhan kali dengan modus serupa.”Kami juga mengejar pelaku lain yang menampung barang curian ini. Jangan melakukan penyembunyian terhadap orang-orang seperti ini, karena akan berdampak hukum.”tegas Kapolres.

Para tersangka dijerat melanggar pasal 362 KUH Pidana dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun junto pasal 363 KUH Pidana karena sudah berulangkali melakukan.”Tiga tersangka ini adalah residivisi-residivis dalam kasus yang sama.”tutup Kapolres.(irfan)

Ditulis Oleh Pada Kam 15 Okt 2015. Kategory Tanjungpinang, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

1 Comment for “Kawanan Spesialis Pencurian Modus Congkel Jok Motor Ditangkap”

  1. ria setiyowati

    syukur kalau sudah tertanggap. mungkin mereka yg mencongkel jok motor wktu ponakan saya lari sore. disekitar rumah sakit. kerjanya rapi sehingga tidak ketahuan klau ternyata motor d’congkel.. kehilangan 1 unit hp oppo..

Komentar Anda

Radar Kepri Indek