'
| | 912 kali dibaca

Kabuten Bintan Satu-Satunya Peraih Piala Adipura di Kepri

Pejabat dan unsur muspida Kabupaten Bintan foto bersama dengan piala Adipura tahun 2015.

Pejabat dan unsur muspida Kabupaten Bintan foto bersama dengan piala Adipura tahun 2015.

Bintan, Radar Kepri-Setelah memimpin Kabupaten Bintan dua periode, H Ansar Ahmad SE MM yang saat ini maju dalam sebagai wakil gubernur Kepri meninggalkan catatan sejarah. Daerah yang dipimpinnya berhasil merai piala Adipura, hebatnya lagi dari 7 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri, hanya Kabupaten Bintan yang meraih piala supremasi daerah terbersih tersebut.

Sebelumnya, Kabupaten Bintan hanya mendapatkan sertifikata Adipura selama 2 tahun berturut-turut, yakni tahun 2013 dan 2014. Penghargaan piala adipura ini diserahkan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla pada Penjabat Bupati Bintan, Drs Doli Boniara, M.Si di gedung Bidakara, Jakarta, Senin (23/11) lalu.

Proses penerimaan penghargaan inipun terbilang tidak mudah. Mulai dari proses pantau 1, pantau 2, verifikasi, ekspose, serta wawancara yang melibatkan banyak LSM, universitas, pusat pengendalian lingkungan dan lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan kebersihan dan lingkungan, yang menilai secara detil, layak atau tidak kabupaten Bintan, yang dalam hal ini diwakili oleh kota kecamatan Bintan Timur, untuk menerima penghargaan Adipura kategori kota kecil.

Untuk kategori ini terdapat 3 indikator penilaian yaitu pengelolaan ruang terbuka hijau, pengelolaan sampah, dan pengendalian pencemaran air. Akhirnya proses penilaian yang telah berjalan sejak november tahun lalu membuahkan hasil piala adipura pertama bagi kabupaten bintan.

Dalam acara penyambutan dan pawai adipura, di halaman monumen relief antam Kijang, Selasa (24/11). Pj. Bupati bintan Doli Boniara dalam sambutan, mengutarakan rasa bangganya kepada seluruh masyarakat, satuan petugas kebersihan, karena hasil kerja keras tersebut membuahkan hasil. Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada pemerintahan periode 2010-2015 yang saat itu Bupati dijabat Bapak H.Ansar Ahmad dan wakil Bupati-Khazalik.”Karena pada periode tersebutlah, Bintan akhirnya mulai mengikuti program Adipura ini. Selain itu ucapan terima kasih turut kami sampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah terkait yang ikut berkontribusi dalam penerimaan penghargaan ini.”katanya.

Menurut Pj Bupati Bintan.”Penghargaan adipura ini diperoleh atas partisipasi semua pihak, untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bintan Timur, bapak Ansar Ahmad dan bapak Khazalik selaku bupati dan wakil bupati bintan periode 2010-2015, yang telah merintis program adipura di kabupaten bintan. Serta seluruh jajaran pemerintahan terkait.”ucap Doli Boniara.

Selain itu, Doli juga mengingatkan, bahwa penghargaan ini haruslah menjadi pemacu semangat seluruh elemen masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan, agar penghargaan adipura di kabupaten Bintan dapat dipertahankan, karena dibanding merebut, mempertahankan merupakan hal yang sulit, butuh kerja keras. Untuk itu Dolo mengharapkan seluruh jajaran pemerintah, juga segenap petugas kebersihan tidak langsung berpuas diri, namun semakin meningkatkan lagi kerjanya, karena akan semakin sulit untuk meraih Adipura di tahun berikutnya.“Dengan berhasilnya Bintan Timur meraih piala adipura, saya mengingatkan agar kita semua jangan berpuas diri dulu, karena menjadi tanggung jawab kita semua untuk mempertahankan serta meningkatkan kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup lebih baik lagi, karena bak pepatah mempertahankan lebih sulit dari merebutnya, untuk itu saya mengharapkan baik masyarakat, jajaran pemerintahan dapat bekerja lebih giat lagi, terutama kepada para petugas kebersihan.”terangnya.

Acara penyambutan dan pawai piala adipura ini, diakhir dengan penyerahan piala adipura oleh pj.Bupati Bintan pada ketua DPRD kabupaten Bintan, lalu kemudian diserahkan lagi kepada masyarakat yang diwakili oleh salah satu petugas DKPP kabupaten Bintan. Selanjutnya, piala diarak dalam iring-iringan pawai keliling kecamatan Bintan Timur.

Acara ini dihadiri ketua DPRD kabupaten Bintan, Lamen Sarihi, Sekda kabupaten Bintan, Lamidi beserta ibu, Dandim 0315 bintan, Danlanud Tanjungpinang, segenap pimpinan SKPD Bintan, Dansatrad 213 Sri Bintan, Kapolsek Bintan Ttimur mewakili Kapolres Bintan, Kasi Intel Kejari Tanjungpinang, para camat, kades, lurah RT dan RW serta tokoh-tokoh masyarakat kabupaten Bintan.(red/hum)

Ditulis Oleh Pada Kam 26 Nov 2015. Kategory Bintan, Terkini. Anda dapat mengikuti respon untuk tulisan ini melalui RSS 2.0. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Komentar Anda